oleh

Plt Wali Kota Baubau : UMKM Perlu Pahami Literasi Keuangan 

-NEWS-105 dibaca

BAUBAU – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Ahmad Monianse mengungkapkan yang perlu dipahami oleh para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam rangka pengembangan usahanya saat ini salah satunya adalah memahami literasi keuangan.

Ia mengatakan bila para pelaku UMKM telah memperoleh pemahaman tentang literasi keuangan maka dirinya meyakini UMKM akan tumbuh berkembang di daerah eks pusat Kesultanan Buton itu.

Politisi PDIP ini pun mengapresiasi langkah salah satu lembaga permodalan di Kota Baubau yakni PT Permodalan Nasional Madani (PNM) yang telah menggelar kegiatan Literasi Keuangan, yang dirangkaikan dengan Bazar UMKM di Atrium Lippo Plaza Buton.

“Kadang-kadang ketika kita membangun sebuah usaha kita tidak tahu bagaimana berinvestasi, bagaimana menyimpan, dan ini juga merupakan salah satu bentuk lemahnya literasi keuangan kita. Untuk itu, saya berharap agar PNM dapat memberikan penguatan tentang bagaimana mengelola keuangan usaha sehingga UMKM di Kota Baubau dapat tumbuh berkembang,” ucap Plt Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse dalam keterangannya ditulis Sabtu, 22 Januari 2022.

Monianse pun berharap pihaknya melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Baubau dan UMKM Koperasi dapat berkolaborasi dengan PNM agar bersama-sama melakukan upaya pembinaan kepada para pelaku UMKM.

“Kami dari Pemerintah Daerah melalui dinas-dinas terkait, juga akan terus melakukan upaya-upaya negosiasi, agar UMKM kita dapat memasok produk-produknya di gerai-gerai yang ada. Baik di Lippo, Alfamart, maupun di minimarket lainnya yang ada di Kota ini. Jadi nanti kita kolaborasi supaya ada sudut, di mana hasil produk dari UMKM kita ini dapat dipajang di gerai-gerai yang ada itu,”  katanya.

Sebagai informasi, dalam Bazar UMKM tersebut produk yang dipajang cukup beragam mulai dari kain tenun lokal hingga makanan-makanan khas di Baubau.

 

Penulis : Ardilan

Terkini