NEWS

Potensi Pertanian Kota Kendari Capai 2127 Hektar

1768
×

Potensi Pertanian Kota Kendari Capai 2127 Hektar

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM- Potensi pertanian tanaman pangan (padi dan palawija) di Kota Kendari cukup menjanjikan untuk mencukupi kebutuhan pangan.

Dinas Pertanian Kota Kendari melalui Kepala Bidang Perkebunan dan Hortikultura, Zulkarnaim mengatakan, potensi pertanian pangan di Kota Kendari mencapai 2.127 hektar. Pada komoditas padi sawah memiliki potensi sebesar 1.203 hektar dengan eksisting 543 hektar dan yang belum termanfaatkan sebesar 660 hektar.

“Target panen sawah diharapkan bisa jadi tiga kali dalam setahun meskipun saat ini masih panen dua kali. Hasil panen terakhir cukup meningkat yg awalnya 4 ton perhektar menjadi 9,6 ton per hektar. Sedang pada tanaman perkebunan buah-buahan panennya sekali setahun tergantung musimnya,” ungkapnya.

Baca Juga : Cuaca Berubah-ubah, Dinas Pertanian: Tidak Semuanya Terdampak pada Hasil Pertanian

Sementara itu, pada komoditas palawija memiliki potensi sebesar 924 hektar dengan eksisting sebesar 512 hektar dan yang belum termanfaatkan sebesar 413 hektar.

“Komoditas palawija ini diantaranya adalah jagung, kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu, ubi jalar, dan talas,” jelasnya

Dia menambahkan pada lahan yang belum termanfaatkan saat ini adalah yang belum di lalui oleh saluran irigasi sehingga belum bisa ditanami dengan tanaman pangan.

“Irigasinya belum sampai kesitu,” tutupnya.

Disamping memanfaatkan potensi lahan yg tersisa, Dinas pertanian juga memprogramkan pemanfaatan pekarangan dan lahan tidur, menjadi lokasi pengembangan tanaman hortikultura. Seperti sayur baik itu menggunakan polibag atau dengan metode hidroponik, juga tanaman cabai dan komoditas lainya.

Reporter: Dila Aidzin

You cannot copy content of this page