NEWS

Presiden Jokowi : Pengajian Bisa Dilakukan di Metaverse

1052
×

Presiden Jokowi : Pengajian Bisa Dilakukan di Metaverse

Sebarkan artikel ini
Presiden Jokowi di Muktamar NU: Nantinya Pengajian Bisa Dilakukan di Metaverse. ©2021 Merdeka.com

Mediakendari.com – Presiden RI Jokowi berbicara tentang dunia metaverse saat membuka acara Muktamar PBNU ke 34 di Lampung. Menurutnya, nantinya ke depan dakwah maupun pengajian bisa dilakukan secara virtual dengan metaverse. Maka itu, ia meminta Nahdhatul Ulama (NU) bisa mengantisipasi kemajuan teknologi ini.

“Nanti semuanya, dakwah akan virtual, pengajian virtual. Jadi betul-betul ketemu seperti ini bukan seperti sekarang yang masih video conference. Metaverse akan merubah perilaku ini. Saya tidak tahu, apakah karena pandemi ini dipercepat,” kata Jokowi dalam siaran video di channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (22/12).

“Dan NU dalam temanya ‘Berkhidmat untuk Peradaban Dunia’, hati-hati peradaban memang harus kita pengaruhi agar maslahat bagi umat manusia di seluruh dunia khususnya di negara Indonesia. Jadi, hati-hati menyikapi ini,” tambah Jokowi.

Baca Juga : Ini Alasan Mengapa Facebook Berubah Nama Menjadi Meta

Ia kembali bercerita kala bertemu dengan Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg pada 2016. Saat itu dirinya diajak bermain pingpong bersama Zuckerberg dengan menggunakan Oculus – virtual reality headset. Permainan pingpong yang dilakukannya bersama Zuckerberg, serasa seperti bermain pingpong di dunia nyata.

“Saya diajak saat itu, main pingpong. Tapi tidak ada meja dan bolanya. Pakai kacamata oculus kemudian main bersama. Sama kayak main ping pong persis 100 persen. Keringetan juga,” jelas Presiden Jokowi.

Presiden melanjutkan, Zuckerberg membisikan kepadanya bahwa apa yang dilakukannya tadi adalah baru awal. Semuanya nanti akan virtual, dan konsep metaverse diperkenalkannya.

“Kantor, Restourant, wisata, mall, semuanya virtual,” jelas dia.

Seiring berjalannya waktu, yang dikatakan Zuckerberg betul-betul terjadi. Dia meluncurkan Meta beberapa waktu lalu. Dia berencana menghadirkan dunia maya yang bisa menjadi tempat semua orang bertemu secara virtual.

Sumber : Merdeka.com

You cannot copy content of this page