NEWS

Presiden Jokowi Tiba di Wakatobi Langsung Buka GTRA Summit 2022

762
×

Presiden Jokowi Tiba di Wakatobi Langsung Buka GTRA Summit 2022

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo tiba di Bandara Matahora, Kabupaten Wakatobi, pada pukul 08.30 WITA disambut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Danrem 143/Haluoleo Brigjen TNI Yufti Senjaya, Bupati Wakatobi Haliana dan istri, serta Kapolres Wakatobi AKBP Suharman Sanusi.

Kepala Negara bersama rombongan lepas landas dengan menggunakan Pesawat ATR melalui Pangkalan TNI AU Haluoleo, Kabupaten Konawe Selatan, sekitar pukul 07.40 WITA.

Berdasarkan data yang diterima awak MEDIAKENDARI.COM setibanya di Bandara Matahora, Kabupaten Wakatobi, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana langsung menuju Marina Togo Mowondu untuk menghadiri sekaligus membuka Pertemuan Puncak Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA Summit) 2022.

Setelahnya, Presiden dan Ibu Iriana akan menuju Kampung Mola untuk menyerahkan sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat.

Baca Juga : Bupati Kery Sebut Pabrik Baterai Lithium di Konawe Dibangun Tahun

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga akan mengendarai motor listrik untuk menuju lokasi penyerahan sertifikat di Kampung Mola.

Usai penyerahan sertifikat, Presiden dan rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Pasar Pagi untuk menyerahkan bantuan sosial kepada para penerima manfaat.

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana diagendakan untuk meresmikan sejumlah pelabuhan dan kapal motor penumpang (KMP) yang dipusatkan di Dermaga Rakyat Wanci.

Mengakhiri rangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Wakatobi, Presiden dan Ibu Iriana akan melakukan pelepasan tukik di Patuno Resort bersama masyarakat sekitar Kabupaten Wakatobi.

Baca Juga : Wali Kota Kendari : Belum Ada Info Valid Penghapusan Honorer

Presiden Jokowi dan rombongan direncanakan akan kembali ke Kabupaten Konawe Selatan, untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju Jakarta, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

“Hari ini Bapak Presiden RI bersama Ibu Negara dan rombongan menuju lokasi penyerahan bantuan dan berdialog dengan penerima PKH di Pasar Pagi Pongo. Termasuk penyerahan bantuan BPKH yang berlokasi di Pasar Pagi Wanci. Setelah itu, Bapak Presiden menuju lokasi acara pembukaan GTRA Summit 2022 di Marina Togo Mowondu,” kata Pj Sekda Sultra, Asrun Lio.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra ini menerangkan, saat Presiden RI tiba di Marina Togo Mowondu disambut dengan Tari Lengko dan Tari Honari Mosega menuju Venue Utama termasuk penampilan Tari Balumpa.

Dalam kesempatan itu, Presiden RI menyerahkan Sertifikat Tanah Pulau-Pulau Kecil dan Terluar, termasuk penyerahan bantuan sarana dan prasarana perikanan oleh Menteri KKP RI.

Baca Juga : Agenda Padat Menanti Presiden di Wakatobi

Selain itu, lanjutnya lagi, dilakukan juga Penandatanganan Mou Program Kawasan Wisata Bebas Puntung Rokok antara UNION Paris dengan ASPEKSINDO, sebelum akhirnya Bapak Presiden RI memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi GTRA Summit 2022.

“Bersamaan acara pembukaan, juga berlangsung atraksi 1000 perahu di area perairan Marina Togo Mowondu. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan Launching Telemedicine dan Peninjauan EXPO UMKM. Dalam launching ini, terdapat penjelasan Dirut BPJS dan Menkes RI, pemutaran video telemedicine dan Presiden pun melakukan perbincangan dengan 100 FKTP dan RS,” urai Asrun.

Selanjutnya, Presiden RI akan menyerahkan Sertifikat Door to Door kepada masyarakat Kampung Bajo Mola. Setelah itu, Presiden melihat bagaimana pembuatan Menu Bailita B2SA sekaligus pemberian bantuan beras stunting dan Penandatanganan Prasasti Pilot Project Gerakan PKK Keluarga Sehat Gagah Bencana Peduli Stunting.

“Bapak Presiden juga akan meresmikan Pelabuhan dan Pengoperasian Kapal Ferry Antar Pulau di Pelabuhan Rakyat Wanci. Jadi ada tiga Pelabuhan dan Pengoperasian Kapal Ferry Antar Pulau yang diresmikan ini,” terang mantan Kepala Sekretariat Rektor UHO ini.

Reporter : Sardin.D

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page