NEWS

PT GMS, Antensi Khusus Masyarakat Lingkar Tambang di Laonti Konawe Selatan

3194
×

PT GMS, Antensi Khusus Masyarakat Lingkar Tambang di Laonti Konawe Selatan

Sebarkan artikel ini

KONAWE SELATAN, MEDIAKENDARI.COM – Masyarakat lingkar tambang di Kecamatan Laonti, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), kembali mendapat perhatian khusus dari PT Gerbang Multi Sejahtera (GMS).

Perusahaan yang berinvestasi pada bidang pertambangan itu, membuktikan perhatian dengan konsisten memberikan kontribusi terhadap pemerintah dan masyarakat di lingkar tambang.

Salah satunya, Desa Sangi-sangi Kecamatan Laonti dilanda banjir akibat curah hujan yang tinggi sejak beberapa hari lalu.

Baca Juga : Dua Jabatan Eselon II Kosong, Wali Kota Kendari: Diumumkan Hari Senin

Langkah awal tangani banjir yang dilakukan PT GMS yakni, dengan menurunkan dua unit alat berat jenis Excavator untuk melakukan normalisasi, penggalian, dan perlebaran aliran sungai.

Humas PT GMS Airin Sakoya, mengatakan pihaknya juga memerintahkan karyawannya untuk bergotong-royong membantu masyarakat mengevakuasi barang-barang, serta melakukan bersih-bersih rumah warga hingga jalan desa.

” Setelah kami lakukan peninjauan aliran sungai, ternyata memang sugai tersebut mengalami pendangkalan sehingga ketika hujan ditambah debit air meningkat, maka secara otomatid air akan meluap ke pemukiman masyarakat bebernya, saat dikonfirmasi, Minggu 31 Juli 2022.

Bukan hanya normalisasi sungai, lanjut Airin, mengaku bahwa pihaknya juga melakukan pengukuran penambahan perpipaan air bersih di desa tersebut sepanjang 2.065 meter, serta membangun bak penampung air satu unit.

Selain itu, kata Airin, pihaknya bersama masyarakat sudah melakukan pengukuran rencan pembangunan tanggul sepanjang 257 meter dengan tinggi 1,5 meter di sepanjang aliran sungai.

Baca Juga : Sulkarnain Nyatakan Siap Bertarung pada Pilwali Kota Kendari 2024

” Begitu pula, di Desa Ulusawa, kami juga telah melakukan penambahan pipa air bersih sepanjang 1.500 meter dan juga pembangunan satu unit bak penampung air,” beber Airin.

Menurut dia, pasca banjir kemarin, pihaknya juga telah menyalurkan bantuan berupa paket sembako sebanyak 100 paket, diperuntukan kepada masing-masing kepala keluarga (KK). Adapun paket sembako tersebut yakni, satu sak beras, satu dos mie instan, satu rak telor dan air mineral.

” Bantuan yang diberikan perusahaan merupakan bentuk kepedulian, perhatian dan komitmen terhadap masyarakat lingkar tambang,” pungkasnya.

Penulis: Erlin

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page