NEWS

PT Sultra Alam Perkasa Resmi Berdiri, Jadi Perusahaan Pengelolaan Limbah Pertama di Kendari

3741
×

PT Sultra Alam Perkasa Resmi Berdiri, Jadi Perusahaan Pengelolaan Limbah Pertama di Kendari

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – PT Sultra Alam Perkasa (SAP) yang merupakan perusahaan pengelolaan limbah pertama di Kendari, resmi melounching kantor dan gudang baru di Jalan Ring Road 40, Kelurahan Tobimeita, Kecamatan Nambo Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Kamis, 15 September 2022.

Peresmiannya itu dilakukan oleh Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, yang di dampingi oleh Direktur PT Sultra Alam Perkasa, Hasrim dengan ditandai dengan penandatanganan prasasti, pemotongan tumpeng dan pengguntingan pita.

Dalam kesempatan itu, Direktur PT Sultra Alam Perkasa, Hasrim menyampaikan, bahwa kantor sebelumnya berpusat di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Wawombalata, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, Sultra.

“Memilih dan pindah di tempat ini, sebab di lokasi yang lama mulai mengalami kepadatan penduduk. Sehingga demi mencegah dampak buruk bagi masyarakat kedepannya, kami memilih pindah di sini sebab jauh dari perumahan dan lokasinya merupakan lokasi industri,” ujarnya.

Baca Juga : 1 Oktober 2022 Pesawat Wings Air Kembali Mengudara di Wakatobi

Lebih lanjut, Ia katakan, bahwa PT Sultra Alam Perkasa ini merupakan satu satunya perusahaan di Kota Kendari, yang bergerak dipengelolaan jenis limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) yang tidak digunakan lagi karena rusak, sisa kemasan, tumpahan, sisa proses, dan oli bekas.

Sejauh ini, sejak berdirinya di tahun 2012 PT SAP, sudah bisa mengelola limbah cair secara sendiri, seperti oli bekas menjadi minyak pelumas atau solar yang dimana tergantung dari teknologi digunakan dalam pengelolaan.

“Awalnya hanya berupa pengumpulan oli-oli bekas, yang diambil dari bengkel-bengkel kecil seperti motor hingga perusahaan tambang yang beroperasi di Sultra, kemudian dikirim ke Surabaya untuk diolah,” ucapnya.

Baca Juga : Pekan Depan, Pembangunan Patung Oputa Yii Ko Dimulai

Kedepannya, ia berharap, dapat memiliki mesin Incenerator untuk menghancurkan limbah padat menjadi debu, sehingga tidak perlu repot-repit lagi melakukan pengiriman ke pulau Jawa.

Di tempat yang sama, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengapresiasi, terobosan baru yang dibuat oleh PT Sultra Alam Perkasa tersebut, sebab dapat membantu bagian dari visi kota layak huni yang saat ini sedang di jalankan.

“Jadi dengan adanya perusahaan ini dapat membantu visi Kota Kendari saat ini, yakni kota layak huni. Oli-oli bekas yang sudah tidak terpakai jadi bermanfaat ini sangat luar biasa,” katanya.

Selanjutnya, ia berharap, semoga kedepannya PT Sultra Alam Perkasa ini kedepannya dapat bersinergi, dengan berbagai pihak termaksud pemerintah Kota Kendari, serta bisa semakin maju dan dapat merekrut karyawan yang lebih banyak.

 

Reporter : Muhammad Ismail

You cannot copy content of this page