oleh

PT Taspen Sosialisasikan Aplikasi Digital Guna Permudah Pembayaran Pensiun

KENDARI –  Kepala Seksi Kas dan Verifikasi Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) PT Taspen (Persero ) Kendari, Nurhaja mengatakan, pihaknya mensosialisasikan digitalisasi pembayaran pensiun dan evaluasi mitra bayar guna mempermudah prabayar mitra Taspen untuk melakukan layanan pensiunan.

“Untuk memberikan persamaan persepsi bagi para mitra bayar digitalisasi dalam melakukan pembayaran pensiun,” ujar Nurhaja di salah satu hotel Kendari Sabtu (24/03/2016).

Di mana saat ini, katanya, PT Taspen sedang melakukan program mengubah pembayaran pensiun menjadi digital atau lebih dikenal dengan Smart Card.

“Dalam rangka proses endrolmen atau pendaftaran ulang yang perlu di sosialisasikan kepada mitra bayar bagaimana cara untuk mengimbau kepada seluruh pensiunanan agar melakukan proses endrolmen karena nantinya mitra bayar yang melakukan proses tersebut,” ujarnya.

Ia menuturkan, pihak yang di undang di kegiatan sosialisasi adalah seluruh mitra kerja PT Taspen yaitu Bank BRI, BNI, BPD, Muamalat, BSM, BTPN, BRI Syariah, BTM.

Ia menjelaskan, tujuan dari kegiatan sosialisasi guna mengevaluasi pembayaran pensiun yang sudah dijalankan oleh mitra bayar.

“Kinerja seluruh mitra bayar sebenarnya sudah sesuai antara PT Taspen dengan mitra bayar. Jadi sebenarnya kegiatan ini hanya mengulang dan memberikan pemahaman apa-apa yang perlu dipatuhi antara mitra bayar dengan PT Taspen,” ucapnya.

BACA JUGA: Selama 2017, Pembayaran Asuransi Kematian PT Taspen Cabang Kendari Mencapai Rp 7,4 Miliar

Sementara itu, lanjutnya, untuk jumlah data pensiun yang sudah membayar kurang lebih 27 ribu di 17 kabupaten/kota di Sultra yang tersebar di seluruh mitra bayar dari PT Taspen.

“Proses digitalisasi sebenarnya untuk menghindari pembayaran pensiun kepada orang yang tidak tepat jadi nantinya gaji pensiun tersebut bisa dicairkan jika sipensiun sempat melakukan ontetik secara langsung melalui tiga data diri biometrik yakni sidik jari, suara dan kornea,” imbuhnya.

Pihaknya, mengimbau kepada seluruh mitra kerja PT Taspen untuk mensiasati kepada seluruh pensiunan untuk mensosialisasikan bahwa dalam waktu dekat akan ada proses endrolmen.

“Setelah kami punya data biometrik dari pensiunan maka kami akan mengeluarkan Smard Card supaya pensiunan bisa melakukan otentikasi bulanan. Di mana ketika pensiunan melakukan penerimaan gaji harus secara biometrik dulu baru bisa smard card itu digunakan sebagai alat pencairan dana pensiunnya,” tukasnya.

“Fasilitas yang disediakan PT Taspen adalah alat perekaman Biometrik sedangkan mitra bayar hanya menyediakan ruangannya dan menghimbau kepada seluruh pensiunan untuk melakukan proses endrolmen,” pungkasnya.

Reporter: Waty
Editor: Kardin

Terkini