oleh

Putra Daerah Konut Juara 2 Duta Bahasa Sultra

-NEWS-263 dibaca

 

Reporter: Supriyadin Tungga

KONAWE UTARA – Wawan Saputra, remaja asal Kabupaten Konawe Utara (Konut) meraih juara 2 di ajang pemilihan duta bahasa tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Wawan diumumkan meraih juara pada malam puncak duta bahasa se-Sultra, Kamis malam 1 April 2021, di salah satu hotel di Kota Kendari.

Putra daerah Konut kelahiran Belalo, 24 April 2002 ini mengaku bahagia atas pencapaian yang diraih dengan persaingan ketat antar kontestan tersebut.

Berapa tidak, untuk bisa meraih juara di ajang tersebut dirinya harus berjuang menyisihkan para kontestan lain utusan perwakilan dari 10 daerah di Sultra.

“10 kabupaten ini kami kompetisinya sangat ketat, Tapi rasa optimis dalam hati saya bahwa saya mampu bersaing dan membawah Konut menduduki juara,” kata Wawan.

Remaja asal Desa Belalo Kecamatan Lasolo ini menyebut, di ajang ini dirinya harus mengikuti tes uji kemahiran berbahasa Indonesia (UKBI), bahasa daerah, asing, psikologi, sastra dan budaya, kaidah kebahasaan dan presentase proposal krida.

Remaja yang masih duduk di bangku kuliah di Jurusan Ekonomi Universitas Halu Oleo ini juga menyebutkan, meski tanpa dukungan Pemda Konut dirinya tetap semangat.

“Walau tak di suport Pemda saya tidak berkecil hati. Karena kemampuanlah yang menentukan dan mengantarkan saya menjadi juara,” terangnya.

Menurutnya, raihan juara ini dipersembahkan untuk almarhum ayah, ibu di rumah serta anggota keluarga yang mendukung dirinya untuk mengikuti ajang tersebut.

“Alhamdulillah, atas doa dan dukungan keluarga, utamanya ibu, saya bisa juara mewakili Konut,” kata putra bungsu pasangan Jumaena dan almarhum Abdul Haid ini.

Alumni SMAN 1 Kendari ini berharap, kepada Pemda Konut kedepannya melalui SKPD terkait yang membidangi pengembangan remaja untuk dapat memberikan dukungan.

“Meski tidak mendapat suport dari pemerintah, tapi saya sudah berhasil membawah nama Konut,” tutup peraih Juara 1 Duta GenRe Sultra 2019 ini.

Terkini