BREAKING NEWSJAKARTA

Rakor Pengendalian Inflasi di Daerah Tekankan Peran Penting TSTH2 untuk Mendukung Perekonomian

379
×

Rakor Pengendalian Inflasi di Daerah Tekankan Peran Penting TSTH2 untuk Mendukung Perekonomian

Sebarkan artikel ini

JAKARTA, Mediakendari.com – Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah yang dilaksanakan secara virtual di seluruh Indonesia, Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Tomsi Tohir, menekankan pentingnya peran Taman Sains Teknologi Herbal dan Hortikultura (TSTH2) sebagai pusat unggulan dalam penyediaan bibit hortikultura berkualitas.

Dalam kesempatan itu, Tomsi Tohir meminta dinas- dinas Kabupaten untuk mengetahui jenis tanaman obat yang diharapkan untuk dikirim dari masing- masing Kabupaten.

“Saya berharap tanggung jawab yang telah disepakati dapat dilaksanakan dengan sebaik- baiknya sehingga rapat- rapat berikutnya dapat berlangsung lebih efektif,” ujarnya.

Dalam rakor yang turut dihadiri oleh perwakilan dari berbagai Kementerian dan lembaga terkait, termasuk Direktur Direktorat Statistik Harga, Windhiarso Putranto, disampaikan bahwa secara nasional, jumlah Kabupaten/Kota yang mengalami penurunan Indeks Harga Perdagangan Besar (IPH) hingga M2 Agustus 2024 lebih banyak dibandingkan yang mengalami kenaikan.

Sementara Asisten Deputi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Konservasi Sumber Daya Alam, M. Saleh Nugrahadi, menambahkan bahwa TSTH2 tidak hanya diharapkan menjadi pusat penyediaan bibit unggul tetapi juga menjadi inkubator teknologi, hubungan riset, serta etalase produk herbal dan hortikultura.

“Fasilitas ini juga akan mendukung kegiatan teaching industry, sekaligus mendorong pengelolaan sumber daya hutan secara lestari demi meningkatkan ekonomi masyarakat lokal,” jelasnya.

Rakor ini menunjukkan komitmen Pemerintah dalam mengendalikan inflasi dan mengembangkan sektor hortikultura dan tanaman herbal sebagai salah satu upaya meningkatkan perekonomian daerah.

Reporter : Ronas

You cannot copy content of this page