oleh

Rayakan HUT, PIVERI Sultra Silaturahmi ke Rumah Anggota Istri Veteran

-NEWS-153 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM- Persatuan Veteran Republik Indonesia (PIVERI) provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) peringati Hari Ulang Tahun PIVERI yang jatuh pada tanggal 28 Juli 2022.

Peringatan ini dirayakan dengan sederhana yang mengusung tema “Dengan Dilandasi Jiwa Semangat Nilai Juang 45, PIVERI Ikut Serta Membangun Indonesia yang Maju dan Sejahtera” menjadi inspirasi dari para istri veteran pejuang RI untuk masih berkontribusi sampai akhir hayat kepada Negara dan bangsa.

Tema tersebut diangkat dengan dasar salah satu kegiatan yang ikut meramaikan Hari Ulang Tahun itu adalah Kegiatan Anjangsana dan Silaturahmi ke beberapa rumah anggota Istri Veteran Republik Indonesia.

Baca Juga : Wali Kota Kendari Resmikan Masjid Jami’ Nurul Haq 

Ketua Piveri Provinsi Sultra, Lily Barmuddin mengungkapkan, perjuangan para istri veteran tidak kalah beratnya dengan para suami yang sedang mengemban tugas untuk berjuang membela Negara di medan operasi.

“PIVERI menjadi wadah pertemuan bagi para istri veteran yang memiliki misi mendampingi para pemimpin Departemen Urusan Veteran dan demobilisasi. Terutama dalam melaksanakan fungsi sosialnya, dan membantu LVRI dalam turut memikirkan penyelenggaraan kesejahteraan bagi keluarga besar veteran umumnya, termasuk di dalamnya para warakawuri dan yatim piatu veteran,” katanya dalam rilis yang diterima awak media ini.

Menurut Lily, saat ini bersama-sama dengan Legiun Veteran Republik Indonesia, para istri veteran ini tetap berjuang dalam mempertahankan nilai-nilai juang yang dilandasi semangat 45 kepada generasi muda khususnya PPM sebagai anak cucu veteran.

Baca Juga : Dosen dan Mahasiswa Hukum UHO Sosialisasikan Sertifikat Elektronik di Kelurahan Anggalomelai Kendari

“Sehingga diharapkan mereka tidak kalah hebatnya dengan para pejuang-pejuang terdahulu,” ucapnya.

Lily menambahkan, anjangsana dan silaturahmi ke beberapa rumah istri veteran ini adalah bentuk pengabdian kepada sesama istri veteran yang lagi ditimpa sakit sehingga suasana PIVERI sebagai keluarga masih dirasakan oleh seluruh anggota.

Sebagai informasi, PIVERI sendiri dibentuk setelah terbentuknya Departemen Urusan Veteran dan Demobilisan oleh Pemerintah pada 1964. Awalnya bernama Ikatan Keluarga Veteran dan Karyawan (PIVEKA). Namun, sejak tahun 1974 namanya berubah menjadi Persatuan Istri Veteran Republik Indonesia (PIVERI). Organisasi ini di bawah pembinaan Legium Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Reporter: Dila Aidzin