NEWS

Resmikan Penggunaan Jalan Moramo-Laonti, Surunuddin: Itu Semata Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

1419
×

Resmikan Penggunaan Jalan Moramo-Laonti, Surunuddin: Itu Semata Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Sebarkan artikel ini

KONAWE SELATAN – Tawa, haru, serta kebahagian masyarakat Kecamatan Laonti terlihat jelas diwajah mereka saat berbondong-bondong menyambut rombongan Bupati Konawe Selatan (Konsel) yang tiba dengan selamat di Rumah Jabatan Camat Laonti.

Usai menguji coba akses jalan darat penghubung Moramo-Laonti dengan mengunakan mobil dinas, pada Jumat, 10 Februari 2023. Dari pantauan media ini, Bupati Surunuddin didampingi para Kepala OPD saat tiba langsung dikalungkang bunga sebagai bentuk penghormatan.

Bupati Surunuddin menjelaskan dengan adanya akses jalan Moramo-Laonti tingkat perekonomian daerah Laonti diharapkan semakin meningkat. Sebab menurutnya wilayah itu memiliki potensi mulai dari pertanian, peternakan, perikanan bahkan potensi wisata.

Olehnya itu Surunuddin bertekad untuk mengembangkan daerah itu. Hal itu, kata dia sejalan dengan visi misi Konawe Selatan dengan jargon ‘Desa Maju Konsel Hebat’. Ia mengaku dengan akses jalan itu, juga membuka akses transit dari Kabupaten Konawe Kepulauan.

Baca Juga : IKA Fisip UHO Siap Gelar Mubes ke-3, Ribuan Alumni Ditargetkan Hadir

“Setelah ada jalannya kita akan dorong lagi peningkatannya, kemudian penerangan dengan masuknya listrik, penguatan infrastruktur digital, bahkan penguatan potensi wisata,” ungkap Surunuddin.

Sementara untuk wilayah di pesisir, Surunuddin berjanji akan membangun akses jalan penghubung yang nantinya akan menghubungkan wilayah pesisir lainnya.

“Tugas masyarakat hari ini mendukung program pemerintah dalam pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat, serta menyampaikan ide, kendala, dan inovasi dari berbagai sektor, ” pesanya.

Salah satu tokoh masyarakat Desa Lawisata Ratman Saputra, mengaku sangat bersyukur kepada Pemda setempat dalam hal ini Bupati Surunuddin dalam atas pambangunan infrastruktur jalan penghubung Moramo-Laonti yang kini sudah tembus bahkan bupati beserta kepala OPD sudah mencoba jalan itu.

Baca Juga : Buka Sosialisasi dan Tes UKBI, Kadis Dikbud Konawe: Ini Program yang Luar Biasa

Dalam mendukung hal itu, Ratman merelakan lahan dan kebun yang dilintasi jalan tanpa meminta ganti rugi ke pemda. “Sebagai bentuk dukungan saya untuk kemajuan Kecamatan Laonti, atas dibangunnya jalan penghubung,” bebernya.

“Baru hari ini tanggal 10 Februari 2023 kami bisa merasakan kemerdekaan. Sebab sejak 77 tahun silam indonesia merdeka kami tidak perna merasakan akses jalan penghubung. Dengan tembusnya jalan itu kami nyatakan merdeka untuk maju dan bangkit dari ketertinggalan, keterbelakangan dan terisolir,” sambung dia.

Senada dengan Ratman Saputra, Kedes Ulusawa Amir, mengatakan hari ini merupakan momen bersejarah bagi kami. Sebab akses jalan yang diimpikan selama puluhan tahun sudah bisa di wujudkan.

Baca Juga : Di Kendari, Pantarlih Coklit Perdana ke Rumah Sekda

“Dengan terbukanya jalan ini, tentu akan memudahkan kami. Sebab sebelumnya jika ingin ke ibukota hanya menggunakan akses jalur laut dimana jarak tempunya sangat lama bahkan bisa memakan waktu hingga sampai tiga hari. Namun dengan adanya jalan tentu jika ingin ke ibukota bisa di tempu pulang pergi, sementara jika menggunakan jalur laut, biasa kita berangkat tiga hari sebelum kegiatan,” terangnya.

Sementara Camat Laonti Papalaki, mengaku dengan adanya akses jalan dapat mempermudah pemasaran hasil-hasil pertanian, serta potensi-potensi lainnya.

“Sebagai pemerintah kecamatan dirinya mewakili masyarakat mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Konsel dalam hal ini Bupati Surunuddin yang telah mewujudkan mimpi masyarakat selama puluhan tahun untuk memiliki akses jalan darat,” ucapnya.

Untuk diketahuai dalam kunjugan kerja bupati dilakukan dialog bersama masyarakat se Kacamatan Laonti untuk menyapaikan kendala-kendala yang ada baik itu dalam pelayanan maupun kendala maupun pembangunan infrastruktur. Dan dilanjutkan penyerahan mobil dines camat.

Penulis:Erlin

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page