NEWS

RS Hermina Kembali Menggelar “Hermina Road To School” Galakkan Pentingnya Bantuan Hidup Dasar Kepada Para Pelajar

1173
×

RS Hermina Kembali Menggelar “Hermina Road To School” Galakkan Pentingnya Bantuan Hidup Dasar Kepada Para Pelajar

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – RS. Hermina Kendari kembali menggelar kegiatan “Hermina Road To School” di SMAN 1 Kendari, dengan mengangkat Tema “Bantuan Hidup Dasar”, yang digelar hari ini Kamis, 9 Februari 2023.

Kegiatan ini adalah kali ke 4 yang diselenggarakan oleh RS. Hermina Kendari sebagai program rutin dari rumah sakit yaitu Penyuluhan Kesehatan Rumah Sakit (PKRS).

Sasaran dari program ini adalah sekolah-sekolah dan lingkungan masyarakat Se-Kota Kendari Khususnya. RS.Hermina akan turut berkontribusi besar terhadap masyarakat yang membutuhkan terkait penyuluhan kesehatan.

 

dr. Md Candra Simbha, Dokter Umum RS. Hermina Kendari selaku pembicara kegiatan Hermina Road To School mengaku mengangkat tema hari ini disebabkan tingginya kasus serangan jantung di Indonesia bahkan di seluruh dunia.

“Jadi kurangnya skill pada orang-orang sekitar, ketika menemukan kasus seperti ini jadi tidak bisa melakukan tindakan pertama” jelas dr. Candra.

dr. Candra menegaskan 6-8 menit pertama ketika pasien mengalami henti jantung/atau nafas akan mengalami mati klinis, sedangkan setelah 6-8 menit mati klinis akan mengalami mati biologis (mati batang otak) atau tidak bisa diselamatkan lagi.

“Sehingga inilah yang penting untuk melakukan Resusitasi Jantung Paru (RJP) sebagai tindakan dasar untuk menolong pasien henti jantung/nafas sebelum datangnya pertolongan lain” tambahnya.

dr. Candra juga mengaku antusias siswa/i dari SMAN 1 Kendari begitu luar biasa menyambut kegiatan yang diselenggarakan oleh RS.Hermina Kendari, diikuti oleh hampir seluruh siswa/i kelas 12 dan juga beberapa dari kelas 11 serta guru pendamping.

Baca Juga : KSK Dukung Penuh Rencana Pembangunan Mako Brimob di Konawe

Salah satu siswa SMAN 1 Kendari Bilqis Azzahra, mengaku sangat senang dan antusias untuk tema yang diangkat hari ini, menurutnya sangat membantu untuk pengetahuan medis secara mendasar.

“Karena saya ingin masuk kedokteran, jadi kegiatan ini sangat membantu saya untuk menjadi patokan atau bahan dasar saya ke jenjang pendidikan lebih lanjut nantinya” jelas Zahra.

RS. Hermina melalui kegiatan Hermina Road To School berharap dengan mengangkat tema Bantuan Hidup Dasar ini para pelajar ataupun masyarakat secara umum bisa menambah ilmu dan mempunyai gambaran dasar untuk menolong pasien jika mendapat kondisi seperti ini.

Reporter: Nur Anisah

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page