NEWS

Rumah Sehat Covid-19 Baubau Masih Pekerjakan Relawan

705
×

Rumah Sehat Covid-19 Baubau Masih Pekerjakan Relawan

Sebarkan artikel ini
Plt Kepala Dinkes Kota Baubau, Rahmat Tuta

 

Penulis : Ardilan

BAUBAU – Rumah Sehat Covid-19 milik Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) rupanya masih mempekerjakan relawan Covid-19 untuk tahun 2021 ini.

Relawan Covid-19 yang bekerja di Rumah Sehat itu berjumlah sebanyak 33 orang yang terdiri dari tenaga kesehatan dan non tenaga kesehatan seperti dokter, perawat, bidan dan secuirity (keamanan). Mereka merupakan tenaga non Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diperbantukan dalam penanganan pandemi Covid-19.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Baubau, Rahmat Tuta mengungkapkan relawan itu bertugas membantu satuan tugas Covid-19 dalam menangani pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di Rumah Sehat.

Relawan itu, kata Rahmat Tuta, juga bertugas mengingatkan pasien tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan yaitu pakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan di masa pandemi yang belum juga usai ini.

“Selama bertugas relawan-relawan ini wajib mengenakan pakaian berstandar protokol kesehatan. Mereka tidak diperkenankan tidak menggunakan alat pelindung diri saat berkontak dengan pasien,” ungkap Rahmat Tuta, Senin 07 Juni 2021.

Ia menerangkan yang menjadi tugas dan tanggung jawab relawan Covid-19 di Rumah Sehat yakni rutin memeriksa perkembangan kesehatan pasien Corona yang dirawat ditempat itu dengan sistem kerjanya menggunakan sistem shift (pergantian) yang diisi satu tim lengkap mulai dari dokter sampai secuirity setiap shiftnya.

“Para relawan khusus tenaga kesehatan diberi insentif sebesar Rp 3 juta perbulan. Nilai honornya diatur dalam Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 18/2021 tentang Pemberian Insentif dan Santunan Bagi Tenaga Medis dan Paramedis Serta Tenaga Lainnya Pada Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 dan Tim Vaksinasi Covid-19,” pungkasnya.

You cannot copy content of this page