Sekda Konsel Minta Seluruh Instansi Terlibat Dalam Program Penurunan Angka Stunting

NEWS395 dibaca

KONSEL, MEDIAKENDARI.COM – Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) meminta seluruh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) untuk turut menekan angka stunting.

Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel, Hj St Chadidjah menjelaskan, stunting merupakan isu nasional sehingga perlu keseriusan dalam penanganannya.

Hal tersebut ditegaskan Hj St Chadidjah dalam acara Audit Kasus Stunting Semester II Kabupaten Konsel di Aula Pemda Konsel, Rabu, 28 Desember 2022.

“Pertemuan begini diharapkan semua instansi hadir, ini bukan tugas petugas kesehatan dan BKKBN tapi tugas kita semua, sehingga keterlibatan semua instansi ini sangat dibutuhkan dalam penekanan stunting ini,” jelas Hj St Chadidjah.

Chadidjah juga meminta keterlibatan para pihak mulai tingkat desa, kelurahan bahkan dusun untuk turut hadir dan bersama-sama dalam menekan angka stunting.

Ia juga menerangkan tentang bagaimana dengan pencegahan stunting ini dimulai dari perbaikan gizi, pola makan, juga pola hidup yang bersih dan sehat.

Selain itu, pentingnya pola asuh, bagaimana bisa pola asuh yang baik serta jangan hanya dilimpahkan melalui tim medis tapi tentang bagaimana peran kita semua.

Menurutnya juga, untuk melahirkan anak berkualitas, harus ada intervensi stakeholder, guna menciptakan anak- anak berkualitas dan terbebas dari stunting.

“Anak-anak kita tidak akan mampu bersaing, kalau tidak dibekali dari awal dengan memberikan asupan yang cukup dan memberikan pola hidup sehat,” pungkasnya.

Reporter: Sardin.D