oleh

Sekprov Nur Endang Abbas : Gubernur Sultra bawa Air Suci Sangia Nibandera dan Tanah dari Keraton Buton Untuk IKN Baru

-NEWS-450 dibaca

Kendari – Sekretaris Provinsi Sulawesi Tenggara (Sekprov Sultra), Hj Nur Endang Abbas menjelaskan Pemprov Sultra mengambil air suci Sangia Nibandera di Kerajaan Mekongga Kolaka dan tanah dari Keraton Kesultanan Buton untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim).

Tanah dan 2 liter air tersebut dibawah ke kalimantan untuk dikumpulkan bersama daerah lain.

“Saya perlu pertegas bahwa 2 liter air itu diambil dari kendi suci Sangia Nibandera,” ujar Nur Endang Abbas menegaskan, Senin (14/3/2022).

Baca Juga : Bawa Tanah asal Keraton dan Air Sungai Konaweeha di Kaltim, Ali Mazi akan Letakkan di Titik Nol Pembangunan IKN

Ia menambahkan, Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), pagi ini bersama 33 Gubernur bertolak menuju titik nol Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Para gubernur di seluruh Indonesia hari ini akan berkumpul di geodesi ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim) dan diminta membawa air dan tanah dari daerah masing-masing. Air dan tanah yang dibawa para gubernur tersebut bakal digabung di satu kendi khusus bernama Kendi Nusantara,” kata Mantan Kepala BKD Sultra ini.

Baca Juga : Bappeda Sultra Optimis Pertumbuhan Ekonomi Tahun Depan Mencapai 7%

Nur Endang Abbas mengatakan Bapak Gubernur Ali Mazi
Bapak Gubernur Ali Mazi bersama para gubernur lainnya sudah berangkat ke lokasi IKN dan akan bertemu bersama Bapak Presiden.

“Jadi rombongan para gubernur menggunakan 6 bus. Saya pertegas lagi bahwa hanya gubernur saja yang ke lokasi IKN. Kami Sekda, Wali Kota dan OPD stay di Hotel saja,”pungkasnya

 

Penulis : Redaksi

Terkini