NEWS

Semarak HUT Kota Kendari ke 192, DPRD Gelar Lomba Tari Tradisional Tolaki Antar Kecamatan

450
×

Semarak HUT Kota Kendari ke 192, DPRD Gelar Lomba Tari Tradisional Tolaki Antar Kecamatan

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Menyemarakkan, Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kendari ke-192, Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari menggelar Lomba Tari Tradisional Suku Tolaki

Lomba ini sendiri merupakan bagian dari Festival Budaya yang dilaksanakan dalam rangka HUT Kota Kendari ke-192, di Pelataran Parkir Tugu Religi atau Eks MTQ Kota Kendari.

Dalam pelaksanaan lomba ini, Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari ditunjuk sebagai penyelenggara lomba tari Lulo yang diikuti pesertanya dari tiap kecamatan se Kota Kendari.

Dapun jenis tarian yang dipelombakan dalam Lomba Tari Tradisional Suku Tolaki yang dilaksanakan ini, yakni Tari Mondotambe, Tari Lariangi, dan Tari Lulo Tradisional.

Pelaksanaan lomba ini disaksikan langsung Ketua DPRD Kota Kendari, H. Subhan bersama Sekwan Kota Kendari, Adriana Musaruddin bersama jajaran DPRD Kendari di pelataran Tugu Religi, Kamis (4/5/2023) malam.

Sekwan DPRD Kota Kendari, Adriana Musaruddin mengatakan, penilaian lomba tari lulo ini diserahkan sepenuhnya kepada dewan juri yang sudah kompeten dalam Tari tradisional Suku Tolaki ini.

Menurutnya, Festival Budaya ini dilaksanakan selain rangka menyambut HUT Kota Kendari, juga untuk mengedukasi masyarakat tentang bagaimana merawat dan melestarikan budaya.

“Setiap gerakan dalam tarian Lulo tradisional terdapat filosofi hidup yang menggambarkan kearifan budaya dan sopan santun untuk saling menghargai antara sesama,” pungkas Adriana Musaruddin.

You cannot copy content of this page