Sukseskan Pemilu 2024, KPU Sultra Gelar Rakor Persiapan Logistik

NEWS316 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan Rakor Persiapan Tahapan Logistik Pemilu dan Pemilihan serentak Tahun 2024 Kamis 24/11/2022 di salah satu Hotel Kota Kendari.

Dijelaskan, Sekretaris KPU Sultra, Tri Tujiana dalam keteranganya mengatakan, persiapan pemenuhan logistik karenanya kegiatan ini merupakan konsolidasi bersama dengan seluruh KPU di Kabupaten/ Kota.

Bertujuan untuk lebih meningkatkan kapasitas, kapabilitas dan menyamakan presepsi dalam perencanaan kebutuhan dan Aggaran Logistik Pemilu Tahun 2024.

Baca Juga : Warga Kolaka Meninggal Dunia di Kos di Kendari, Tetangga Sempat Pandu Baca Syahadat

“Perencanaan logistik yang tepat jenis, tepat jumlah, tepat kualitas, tepat waktu, hemat anggaran dan tepat sasaran merupakan hal penting yang harus dipenuhi setiap Satker KPU,,” terangnya Selasa 29 November 2022 dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu, Kasubag persiapan dan distribusi logistik Biro logistik KPU RI Yohanes trinstan menjelaskan, perencanaan kebutuhan dan anggaran logistik Pemilu mencakup perlengkapan pemungutan suara dan dukungan perlengkapan lainnya,adapun tahapan logistik sebaiknya direncanakan 2 tahun sebelum penyelenggaraan Pemilu,

“Suara pemilu diwujudkan melalui surat suara dan surat suara di legitimasikan dengan perlengkapan logistik, perlengkapan Logistik terbagi atas logistic yang dipengaruhi oleh komposisi dan jumlah juga logistic yang dipengaruhi oleh DPT dan penyelenggara Pemilu serta DCT daftar pasangan calon,” bebernya.

Baca Juga : Tim Kolut Sukses Bukukan Belasan Medali di Porprov Sultra 2022

Pada kesempatan yang sama Kasubid II Dit intelkam Polda Sultra, Rahman Dundu sebagai Narasumber kedua menjelaskan strategi Polda Sultra dalam mengamankan pendistribusian logistik dengan memperhatikan beberapa aspek antara lain letak geografis dan lokasi waktu tempuh yang akan disesuaikan dengan kondisi cuaca pada pelaksanaannya nanti.

”Terkait dengan strategi untuk pengmanan logistik diharapkan agar tidak terjadi permasalahan dalam hal tidak tepat sasaran dan tidak tepat jumlah,pengangkutan surat suara dan kerusakan logistik akibat cuaca,” pungkasnya.

Reporter: Sardin.D