oleh

Sulkarnain Sebut Olahraga Sebagai Ajang Pemersatu

 

Reporter: La Ato

KENDARI – Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menyebut olahraga sebagai ajang pemersatu dan merajut kebersamaan untuk membangun semangat patriotisme.

Hal ini ia sampaikan saat membuka kegiatan Musyawarah Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Kendari Periode 2021-2025 yang digelar di salah satu hotel di Kendari, Kamis, 25 Maret 2021.

“Sehingga dengan seperti itu, kita bisa memanfaatkan potensi-potensi yang dimiliki, baik itu di daerah maupun di tingkat nasional,” kata Sulkarnain.

“Orang yang berhadapan dalam dunia politik bisa berdamai dalam olahraga. Begitupun dengan orang yang bertentangan dalam profesi, bisa bersama-sama dalam olahraga,” lanjutnya.

Selain itu, ia juga menyebut olahraga sebagai salah satu unsur yang wajib diperhatikan bagi kemajuan suatu daerah. Hal ini dikarenakan olahraga banyak memberikan warna dalam kehidupan.

Dalam kesempatan ini, ia berpesan agar seluruh pengurus Percasi yang nantinya terpilih bisa betul-betul hadir secara utuh dalam mengurusi olahraga catur ini.

“Mengurusi olahraga harus dengan panggilan jiwa. Tidak bisa kita mengurusnya karena kepentingan-kepentingan tertentu,” kata Sulkarnain.

Selain itu, ia juga berpesan agar pengurus yang baru memperhatikan atlet, pelatih, dan wasit yang ada.

“Pelatihnya jangan lupa ditingkatkan kamampuannya, begitu juga dengan wasitnya. Sehingga kalau ketiga unsur ini, atlet, pelatih, dan wasit bisa dikelolah dengan baik, maka saya kira akan sangat terbuka peluang untuk kita menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang nantinya bisa mengantarkan atlet-atlet kita berprestasi,” ucap Sulkarnain.

Sementara itu, Pj. Ketua Umum Percasi Kota Kendari, Muhammad Usman mengatakan, perkembangan catur di Kota Kendari dalam kanca keolahragaan nasional maupun daerah sangat memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan olahraga.

“Salah satu buktinya adalah pada pelaksanaan pekan olahraga provinsi di Kabupaten Kolaka tahun 2018 lalu, Percasi Kota Kendari memeroleh 7 emas, 7 perak, dan 1 perunggu,” kata Usman. (B)

Terkini