Iklan Ramadhan Kominfo

Kadis Pertanian Kabupaten Bombana

Distan Bombana Bakal Salurkan 40 ribu Bibit Kelapa Unggul

Reporter : Hasrun

Editor : Def

KASIPUTE – Dinas pertanian (Distan) Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal menyalurkan 40 ribu pohon bibit Kelapa Unggul kepada Kelompok Tani (Koptan) yang berada di wilayah itu. Kepastian ini diungkapkan Kepala Distan Bombana, Andi Nur Alam.

Iklan kONAWE

Dikatakannya kelapa unggul ini memiliki kualitas minyak yang bagus, selain itu isinya juga lebih tebal jika dibanding dengan kelapa dalam lokal.

“Jika kelapa biasa kalau dibikin kopra biasanya 5 buah baru dapat 1 kilo kopra, sementara untuk kelapa unggul ini bisa 3 buah saja,” ungkapnya Rabu (13/02/2019).

Program ini, lanjutnya, merupakan program tahun 2018 lalu sesuai dengan visi misi Bupati-Wakil Bupati Bombana, yaitu mensejahterakan petani, Menuju Bombana Sejahtera (Munaja).

Namun penyalurannya baru akan dilakukan pada tahun ini. Sebab sebelum disalurkan bibit Kelapa Unggul harus disertifikasi oleh Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sultra.

“Kita tidak akan salurkan sebelum ada sertifikasinya atau labelnya, bahkan untuk semua jenis bibit pun demikian harus bersertifikasi. Dan kita masih tunggu sertifikasinya dari Provinsi,” terangnya.

Dirinya menambahkan Koptan penerima bantuan juga harus diakui keberadaannya oleh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dan Pemerintah setempat. Dan

saat ini sudah ada beberapa Koptan dari Kecamatan Kabaena, Rumbia dan Poleang sudah memasukkan profosal.

“Kita akan mengusuhakan agar Koptan yang telah memasukan profosal mendapatkan bagian penyaluran Bibit kelapa unggul. Bahkan seandainya tidak kebagian, maka tahun depan harus dapat bantuan bibit,” tutupnya. (B)


error: Content is protected !!