Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga ST.MM saat menyampaikan Sambutan. (Foto : Humas Setda Konsel).

Kunker ke Lainea, Surunuddin Janji Kembangkan Desa Molinese

Reporter : Erlin

Editor : Kang Upi

LAINEA – Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga, ST.,MM di dampingi Sekretaris Daerah (Sekda), Ir. Drs. H. Sjarif Sajang, M.Si dan jajaran Pemda, melakukan kunjungan kerja ke Desa Molinese, Kecamatan Lainea, Kamis (4/7/2019).

Dalam kunjungannya ini, saat bertatap muka dengan warga di Balai Desa Molinese, Surunuddin berjanji akan mengembangkan wilayah desa yang masuk dalam kategori desa pelosok tersebut.

Pada pertemuan yang juga dihadiri tokoh agama, pemuda dan tokoh masyarakat serta para pimpinan OPD lingkup Pemda Konsel ini, Surunuddin menjelaskan, pihaknya bakal mengaspal jalan sepanjang 20 Km yang melewati desa ini, di tahun 2020.

“Jalan sepanjang 20 Km yang melewati desa ini, dipastikan telah masuk dalam program kerja saya dan akan di aspal, tentunya harus sejalan dengan menggeliatnya perekonomian warga, dengan tidak membiarkan lahan kosong tidak diolah,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan, tujuan kunjungan kerja ini, selain bertatap muka dengan masyarakat, juga untuk melihat perkembangan ekonomi dan kondisi sarana infrastruktur desa.

Menurutnya, sesuai visi Pemda Konsel untuk membangun daerah dimulai dari desa pelosok, maka dalam dua tahun belakangan di bangun infrastruktur jalan dan lainnya di wilayah Sabulakoa, Basala, Laonti.

“Dan Tahun 2019 akan bergeser dan fokus ke tempat ini (Lainea), yang nantinya akan menjadi perhatian khusus dalam mendorong pembangunan di wilayah ini,” ujar Surunuddin.

Surunudin juga meminta agar Pemerintah Desa dan instansi terkait untuk mengajak masyarakat menghidupkan lahan tidur, dengan menanami komoditas tumbuhan jangka pendek.

BACA JUGA :

Ia juga berjanji akan mengajak investor untuk membantu mengembangkan desa tersebut jika potensinya memungkinkan. Dirinya juga meminta data rumah warga yang tidak layak huni, untuk dibantu Pemda dan pemodal.

“Desa ini harus memilih dan menetapkan potensi unggulan apa yang akan didorong, nanti kita undang Investor untuk membantu, termasuk memperbaiki rumah dan sarana lain sebagai syarat berinvetasi,” ucapnya.

Daerah ini, kata Surunudin, telah saya tetapkan sebagai pusat pengembangan, maka untuk mensukseskan program itu harus di dukung penuh masyarakat dan aparaturnya.

“Untuk mendorong ekonomi masyarakat desa agar bisa lebih sejahtera, unggul dan berdaya saing, yang juga bagian dari mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat yang bukan hanya slogan semata,” pungkasnya. (B)

error: Content is protected !!