NEWS

Surunuddin Resmikan KM Konsel 01 

1033
×

Surunuddin Resmikan KM Konsel 01 

Sebarkan artikel ini
Peresmian KM Konsel 01.

KONAWE SELATAN – Bupati Konawe Selatan (Konsel)  Surunuddin Dangga meresmikan kapal motor (KM) Konsel 01 yang akan beroperasi diperairan pulau Kecamatan Laonti. Peresmiannya berlangsung di Dermaga Rakyat Desa Batu Putih Kecamatan Kolono Timur.

Surunuddin berterimakasih dan mengapresiasi pemerintah pusat atas bantuan kapal angkutan penumpang di bawah 20 Gross Tonnage (GT) tersebut. Ia merasa bantuan kapal yang bersumber

dari dana alokasi khusus fisik Afirmasi Kemendes senilai Rp 2,4 miliar itu sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dalam melayani rute Laonti – Kolono Timur dan Moramo serta masyarakat Kecamatan lainnya.

Ia mengatakan dengan adanya KM Konsel 01 dirinya berharap kesenjangan antara daerah terpencil dan pulau terluar dapat dikurangi serta memperlancar proses pertukaran barang dan jasa antar wilayah.

Baca Juga : Jasa Raharja Gandeng PNM Mekaar Sebagai Perempuan Pelopor Keselamatan Keluarga

Selain itu, lanjut Surunuddin, diharapkan kapal tersebut dapat membantu tugas atau urusan pemerintahan, baik Pemerintah Kabupaten, Kecamatan/Kelurahan maupun Pemerintah Desa maupun menjamu tamu negara atau bagi masyarakat yang akan berpelesir ke spot wisata atau ke Kabupaten lainnya.

Surunuddin mengungkapkan pengoperasian KM Konsel 01 akan diserahkan kepada koperasi jasa angkutan perhubungan Konsel yang bergerak dibidang transportasi laut untuk dikelola bekerjasama dengan BUMDES sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi ditengah pandemi Covid-19.

“Jadi saya berharap bantuan Kapal ini bisa dimanfaatkan sebaik dan sesuai peruntukannya, sehingga Kinerja koperasi sebagai pendorong geliat ekonomi masyarakat Desa dapat berjalan maksimal,” katanya.

Ia menambahkan spesifikasi ukuran KM Konsel 01 yaitu 12.50 X 30.20 X 1.35 meter (PxLxD), tonase kotor 18 GT berbahan fiberglass, bermesin merk Yamaha dengan daya performa 200 Horsepower (HP) Tahun Pembuatan 2021 serta menampung kurang lebih 30 orang penumpang plus ABK.

Untuk diketahui, Bupati, Wabup, Sekda, Ketua dan Wakil Ketua PKK, Ketua DWP beserta sejumlah Pimpinan OPD menyempatkan diri untuk menjajal Kapal Konsel 01 dengan mengitari perairan Desa Batu Putih, Desa Wisata Namu dan menuju Desa Laonti Kecamatan Laonti untuk melaksanakan rapat kerja sekaligus pengukuhan pengurus PKK Kecamatan.

 

Penulis : Erlin

Editor : Ardilan

You cannot copy content of this page