oleh

Tahapan Pemilu Serentak di Konawe Selatan Bakal Dimulai Juni Mendatang

-NEWS-161 dibaca

KONAWE SELATAN – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Aliudin sebut tahapan pemilihan umum (Pemilu) serentak bakal di mulai pada bulan Juni mendatang.

Hal itu disampaikan Aliudin, pada acara nonton bareng (Nobar) peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu serentak tahun 2024, yang di hadiri Sekda Konsel H Sjarif Sajang, Ketua Bawaslu Konsel Hasni,Sekretaris KPU Aila, Anggota Komisioner KPU Konsel dan perwakilan Forkopinda. Bertempat di aula kantor KPU Konsel. Senin 14 Februari 2022.

Sesuai ketentuan Undang-undang Nomor 7, bahwa tahapan pelaksanaan pemilu dimulai paling lambat 20 bulan sebelum pemungutan suara. Maka kata Aliudin, jika berhitung sesuai ketentuan Undang-undang maka tahapan pemilu di mulai bulan Juni 2022 mendatang.

Baca Juga : Dua Tahun Sebelum Pemilu 2024, KPU Kendari Gelar Peluncuran Hari dan Tanggal Pemungutan Suara

” Jadi untuk jadwal jalannya tahapan itu, dimulai kisaran bulan Juni,” sebut Aliudin.

Secara umum persiapan KPU konsel saat ini sedang berbenah sumber daya manusia (SDM) dengan peningkatan kapasitas dilingkungan sekretariat, untuk memantangkan internal KPU konsel.

” Itu dulu yang kami siapkan,karena setelah jalan tahapan tidak ada lagi peningkatan kapasitas kita sudah langsung jalan,” jelas Aliudin.

Dengan berkaca dari pengalaman Pilkada lalu, Aliudin optimis KPU konsel tidak akan kaku lagi. Sebab kata mantan ketua PPK Lainea ini, pada pilkada lalu semua ketentuan-ketentuan di penuhi.Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya pertisipasi pemilih dengan capaian angka partisipasi pemilih 76 persen capaian angka partisipasi pemilihan gubernur.

Baca Juga : Dua Raperda Diusul Pemda Konawe 

” Dari 77,6 persen target nasional pemilihan serentak tahun 2020,” beber Aliudin.

Adapun capaian kinerja KPU kabupaten Konsel, pada pemilihan serentak bupati dan wakil bupati konsel tahun 2020 yakni 83,5 persen.

” Meski pilkada kemarin di tengah pandemi covid-19, KPU konsel bisa mencapai bahkan melewati target Nasional capaian partisipasi pemilih tanpa melahirkan klaster covid,” kata Aliudin.

Terlepas dari target angka partisiapsi yang akan ditetapkan Nasional pada pemilu mendatang, Aliudin mengaku terget tersebut bakal bisa dicapai KPU konsel.

Penulis : Erlin

Terkini