NEWS

Tahapan Pemilu Sudah Mulai Berjalan, 65 Panwaslu Se-kota Kendari Dikukuhkan

678
×

Tahapan Pemilu Sudah Mulai Berjalan, 65 Panwaslu Se-kota Kendari Dikukuhkan

Sebarkan artikel ini
Pelantikan Panwaslu Se-kota Kendari

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kendari lantik panitia pengawas pemilihan umum kelurahan se Kota Kendari pada pemilihan umum 2024 di salah satu hotel di Kota Kendari pada Senin, (06/02/23).

Ketua Bawaslu Kota Kendari, Sahinuddin mengatakan tahapan pemilu terus berjalan. Oleh sebab itu untuk mengawasi jalannya pemilu tersebut pihaknya melantik 65 orang dari 65 kelurahan di Kota Kendari.

“Ini dilantik oleh panwascam. Yang kami tekankan adalah mereka solid secara internal dan memiliki integritas yang tinggi dalam menjalankan tugas,” katanya.

Baca Juga : Ekonomi Sultra Tahun 2022 Alami Peningkatan 5,53 Persen Dari tahun 2021

Selain itu dia menekankan kepada anggota panwaslu untuk menyiapkan mental yang baik. Menurutnya pengawas pemilu bekerja tidak mengenal waktu.

“Artinya kapanpun mereka dibutuhkan mereka harus siap. Selain itu mereka harus profesional bekerja. Ukurannya adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan teknis pengawasan telah diatur dalam undang-undang jadi mereka tidak boleh keluar dari koridor itu,” tegasnya.

Setelah pelantikan ini akan dilakukan pembekalan terlebih dahulu pada panwaslu untuk menjelaskan apa saja yang harus dilakukan. Sementara itu untuk secara teknis akan dilakukan oleh panwascam melalui bimbingan teknis.

“Mereka ini harus sudah mulai bertugas, hari ini sudah dimulai verivikasi faktual tahap kesatu dukungan calon perseorangan anggota DPD. Basisnyabitu mendatangi rumah warga mereka sudah harus siap mengawal itu,” bebernya.

“Pesan saya kepada Panwaslu agar bangun koordinasi yang baik dengan stakeholder di kelurahan masing-masing,” tambahnya.

Sementara itu kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Kendari, Junaidin Umar mengatakan panitia pengawas pemilu memiliki peran yang sangat strategis dalam mengawal seluruh tahapan dalam pesta demokrasi yang rutin dilakukan lima tahun sekali.

Baca Juga : SMA Negeri 2 Kendari Raih Juara Umum LKBB

“Saya berharap pengawas Pemilu secara berjenjang dapat memaksimalkan tugas dan wewenangnya sesuai dengan regulasi yang berlaku untuk melakukan tahapan pengawasan pemilu,” katanya.

Dirinya juga yakin melalui proses perekrutan yang kredibel, obyektif, dan profesional menghasilkan personil panwaslu yang berintegritas dalam menjalankan tugas pengawasan seluruh tahapan pemilu serentak tahun 2024 di wilayah kelurahan masing-masing.

“Saya berharap panwaslu kelurahan senantiasa menjalin kerjasama dengan seluruh stakeholder termasuk pemerintah kelurahan dalam rangka membangun Pengawasan pemilu diwilayah masing-masing,” tutupnya.

Reporter: Dila Aidzin

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page