oleh

Tahapan Pilkada Sultra Dimulai

-POLITIK, SULTRA-178 dibaca

Reporter : Taswin Tahang/Editor: Indi La’awu

KENDARI – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada tujuh daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) kini mulai digelar kembali dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku dimasa pandemi Covid-19.

Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir, Senin 15 Juni 2020  menjelaskan pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020 sesuai  TKPU Nomor : 5 tahun 2020, dan akan dilaksanakan mulai 15 Juni.

“Kemarin 14 Juni kami telah melakukan rapat koordinasi dengan tujuh daerah yang bakal melaksanakan Pilkada untuk mengecek kesiapan, dan semua sudah menyatakan siap untuk melanjutkan tahapan Pilkada 9 Desember 2020,” Jelasnya saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Tahap awal, KPU Sultra terlebih dahulu melakukan pelantikan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) diempat kabupaten, sedangkan yang telah melaksanakan pelantikan tinggal melanjutkan ketahapan yang berikutnya.

“Untuk personil kemarin 15 Juni 2020 sudah kita lakukan pelantikan serentak  PPS  di empat kabupaten yang sebelumnya belum melakukan pelantikan, yakni Buton Utara, Konawe Kepulauan, Konawe Selatan, dan Konawe Utara. Sedangkan tiga lainnya yang telah melaksanakan pelantikan itu Wakatobi, Kolaka Timur dan Muna,” ungkapnya.

Selain pelantikan PPS, di bulan Juni ini juga bakal dilaksanakan beberapa kegiatan tahapan seperti pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan sosialisasi pelaksanaan Pilkada secara masif.

“Sedangkan untuk pendaftaran bakal calon itu  4 sampai 6  September dan akan ditetapkan 23 September. Sedangkan untuk pengundian nomor urut pada 24 September,” pungkasnya.

Untuk petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang nantinya bertugas melayani pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) bakal dibentuk sebulan sebelum berlangsungnya pemilihan calon kepala daerah.

Untuk diketahui Pilkada kali ini akan bekerjasama dengan Gugus Tugas dan Dinas Kesehatan guna mencegah penularan Covid-19 mulai dari awal tahapan sampai pada pemilihan. (B)

Terkini