oleh

Tahun Ini, Balitbang Kominfo Makassar Target 200 Ribu Peserta Pelatihan Digital Talent

-NEWS-66 dibaca

KENDARI – Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kominfo Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) Dr. Agung Harimurti menjelaskan, tahun ini pihaknya akan melaksanakan pelatihan digital kepada 200.000 peserta.

Kegiatan tersebut merupakan program beasiswa untuk pelatihan digital. Program tersebut telah diinisiasi Kominfo sejak tahun 2018 dengan jumlah orang yang ikut pelatihan sebanyak 1.000 orang.

Hal tersebut dikatakan Dr. Agung Harimurti, saat menghadiri penandatanganan kerjasama antara Balitbang Kominfo Makassar dengan Pemkab Konawe terkait peningkatan SDM masyarakat Konawe dan aparatur sipil negara (ASN) dalam hal pelatihan digital, Senin 31 Januari 2022 di Unaaha.

“Tahun 2019 yang ikut program ini sebanyak 20 ribu orang. Lalu, 2020 ada 50 ribu orang, 2021 sebanyak 100 ribu dan 2022 sebanyak 200 ribu orang. Target kita hingga tahun 2024 nanti akan ada 500 ribu orang yang ikut pelatihan,” ujarnya.

Baca Juga : Harry Parfum Siapkan 1000 Varian Aroma

Lalu, siapa saja yang dapat ikut dalam program beasiswa pelatihan digital itu? Agung menerangkan, mereka adalah orang-orang dari angkatan kerja muda dan calon wirausaha muda (dari lulusan SMK dan perguruan tinggi), ASN serta pekerja profesional (orang-orang telah bekerja). “Mereka nanti yang akan dipersiapkan untuk menghadapi industri 4.0,” terangnya.

Lanjut Agung, tema yang diberikan pada pelatihan tersebut variatif. Mulai dari cyber security (keamanan ciber), artificial intelligence (kecerdasan buatan), internet of things (internet untuk segalanya), Reengineering proses bisnis (peningkatan kinerja bisnis) dan kota cerdas.

Menurut Agung, Indonesia punya potensi pasar digital yang cukup tinggi. Selama tahun 2020 omset ekonomi digital Indonesia mencapai USD 130 miliar.Sayangnya, keuntungan dari omset sebanyak itu lebih banyak dinikmati pihak asing.

“Kita tidak ini hanya jadi pasar. Lewat program ini kita ingin bersaing. Bahkan nantinya kalau bisa SDM kita nantinya bisa diekspor keluar negeri,” jelasnya.

Baca Juga : Pemda Konawe dan Balitbang Kominfo RI Jalin Kerjasama Digitalisasi

Agung menambahkan, program pelatihan digital talent baka menghadirkan pelatih dan instruktur terampil di bidangnya. Para peserta akan dilatih untuk benar-benar bisa menguasai materi pelatihan. Outputnya nanti mereka yang ikut dalam program tersebut akan mampu bersaing didunia digital. Kominfo pun akan memberikan sertifikat baik yang skala nasional maupun internasional.

Secara teknis lanjut Agung, kegiatan tersebut sudah akan dimulai Februari 2022. Peserta akan dibagi dalam beberapa kelas. Satu kelas bisa berisi 50 orang. Tiap peserta dari mulai angkatan kerja muda, calon wirausaha muda, ASN hingga pekerja profesional akan diberikan porsi dengan jumlah tertentu.

“Kami bisa membuka hingga 5000 peserta. Tetapi ini juga tergantung pada animo masyarakat untuk ikut,” imbuhnya.

Untuk pendaftarannya, masyarakat Konawe dapat mendaftar secara online dengan masuk ke www.digitaltalent.kominfo.go.id. Pendaftaran tidak dipungut biaya alias gratis, karena kegiatan tersebut sepenuhnya dibiayai Kominfo RI.

Terkini