oleh

Tahun Ini UHO Bakal Terima Delapan Ribu Calon Maba 

-NEWS-64 dibaca

KENDARI – Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari di tahun 2022 berencana akan menerima calon mahasiswa baru (Maba) kurang lebih sebanyak delapan ribu mahasiswa

Baca Juga : Lagi, Jurnalis Jadi Korban Pemukulan Aparat Saat Demo Tolak Anak Gubernur Jadi Calon Tunggal HIMPI Sultra

Rektor UHO, Muhammad Zamrun Firihu mengatakan kuota jumlah calon mahasiswa baru itu masih akan sama seperti jumlah tahun lalu. Pun demikian dengan syarat serta seleksi masuknya.

“Seleksi itu ada tiga tahap. Pertama, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTN) dan  Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN),” ucap Muhammad Zamrun Firihu, Kamis 10 Februari 2022.

Ia mengungkapkan untuk seleksi SNMPTN sedang berjalan dan akan berakhir Maret 2022 mendatang. Sekolah-sekolah untuk sementara sedang melakukan pengisian pangkalan data siswa agar bisa melakukan seleksi masuk keperguruan tinggi. Sedangkan SBMPTN rencananya akan dilaksanakan pada bulan Mei yang kemudian nantinya akan disusul dengan SMMPTN.

Baca Juga : Perum LKBN Antara Komitmen Tingkatkan Kapasitas Jurnalis Melalui UKW

“Kuotanya itu tiga puluh persen untuk SNMPTN, empat puluh persen untuk SBMPTN dan tiga puluh persen untuk SMMPTN, sehingga total semuanya seratus persen,” tuturnya.

Zamrun menambahkan apabila nantinya calon mahasiswa baru yang telah lulus dan memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) belum tentu mendapatkan beasiswa karena kuota yang terbatas.

“Tahun lalu di UHO yang memiliki KIP sebanyak empat ribuan mahasiswa. Namun kuota yang tersedia hanya seribu delapan ratusan sehingga harus diseleksi kembali untuk dilakukannya penyesuaian dengan data,” jelasnya.

 

Penulis : Muhammad Ismail

Terkini