Tes SKD Hari Pertama, 204 CASN Butur Lulus Passing Grade

Reporter: Safrudin Darma
Editor: Kang Upi

BURANGA – 204 Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Kabupaten Buton Utara (Butur) lulus angka passing grade dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Aula Kantor BKPSDM, Kamis 30 Januari 2020.

Tes SKD yang digelar tersebut merupakan agenda hari pertama dan diikuti 750 CASN, dari jadwal tes keseluruhan selama lima hari.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Butur, La Nita mengapresiasi pencapaian tersebut. Menurutnya, hal itu menandakan peserta telah mempersiapkan diri sebaik mungkin.

“Luar biasa seleksi tahun ini ketimbang tahun kemarin, artinya peserta sudah serius dan betul-betul belajar,” kata La Nita.

Berdasarkan data yang direkap BKPSDM Butur, sesi pertama CASN yang lulus passing grade 44 peserta, sesi kedua 45, sesi ketiga 35, sesi keempat 47, dan sesi terakhir itu 33.

SKD sendiri dibagi dibagi dalam tiga materi. Tiap materinya memiliki nilai passing grade berbeda, yakni untuk Tes Intelegensia Umum (TIU) 80 poin, Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 126 poin, dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 65 poin. Jadi untuk passing grade totalnya adalah 271 poin.

“Saya mengimbau untuk para peserta seleksi untuk besok dan seterusnya agar tidak terjadi seperti hari ini, ada dua orang yang terlambat masuk seleksi,” kata La Nita.

Di tempat berbeda, Bupati Butur, Abu Hasan mengaku bersyukur atas pencapaian yang diraih 204 CASN tersebut. Kesyukurannya juga diungkapkan karena seleksi CASN tahun ini, Pemda menyelenggarakannya secara mandiri.

Karena tes CASN tahun sebelumnya, para peserta dari Butur harus mengikuti tes di Kota Kendari.

Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total