oleh

Tilang Elektronik Segera Diterapkan di Baubau, Sejumlah Jalur Umum Bakal Dipasangi CCTV

 

Reporter: Adhil

BAUBAU – Sistem Electronic Traffic Law Enforcement atau tilang elektronik bakal diterapkan Satlantas Polres Baubau untuk menindak para pelanggar lalulintas.

Untuk mendukung program ini, akan dipasang CCTV (kamera pengawas) yang terkoneksi dan terintegritas, sehingga memudahkan dalam penindakan setiap jenis pelanggaran lalulintas.

Kapolres Baubau, AKPB Rio Tangkari mengatakan, secara nasional program ETLE baru diluncurkan Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo pada 23 Maret 2021 secara virtual.

Untuk tahap awal, program tersebut baru diberlakukan di 12 provinsi dengan 244 unit CCTV. Selanjutnya, program tersebut akan diberlakukan di provinsi lainnya di Indonesia, termaksud di wilayah kerja Polres Baubau.

“Dengan program tilang elektronik ini, penegakan hukum di bidang lalulintas lebih transparan, responsif serta berkeadilan dengan memanfaatkan teknologi informasi,” kata Rio Tangkari pada Selasa, 23 Maret 2021.

Untul proses kerjanya, CCTV yang dipasang langsung oleh Korlantas Polri ini akan mendeteksi 10 jenis pelanggaran lalulintas, di antaranya,l pengendara tidak menggunakan helm, tidak patuh rambu lalulintas, hingga menggunakan jalur yang salah dalam berkendara.

Nantinya CCTV tersebut akan mendeteksi kendaraan dan si pengendara untuk menganalisa indentitas pelanggar lalulintas tersebut.

“Nah nanti setelah terdeteksi, maka kita akan kirimkan surat tilang kepada yang bersangkutan sesuai alamat yang terdeteksi dari nomor plat kendaraan,” jelasnya.

Untuk Kota Baubau, CCTV ini akan dipasang di sejumlah lokasi umum seperti kawasan lampu lalulintas, jalur tertib lalulintas dan jalur-jalur yang dianggap rawan tindak kejahatan,” ucap AKBP Rio Tangkari menutup. (B)

Terkini