NEWS

Tim Penilai Lomba Desa Pemda Konawe Cek Kesiapan Desa Meraka

573
×

Tim Penilai Lomba Desa Pemda Konawe Cek Kesiapan Desa Meraka

Sebarkan artikel ini
Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Pemda Konawe saat mengecek Desa Meraka di Kecamatan Lambuya.

KONAWE – Tim penilai lomba desa dan kelurahan tingkat pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengecek kesiapan Desa Meraka yang menjadi perwakilan Kecamatan Lambuya.

Ketua tim penilai, Keniyuga Permana mengungkapkan lomba desa dan kelurahan digelar dengan maksud mendukung pemberdayaan dan keberhasilan pembangunan di desa dan kelurahan, sebagai upaya penguatan kelembagaan, peningkatan partisipasi dan motivasi swadaya gotong royong masyarakat.

“Salah satu program Nasional pemberdayaan masyarakat yaitu kegiatan perlombaan desa dan kelurahan, yang merupakan kegiatan evaluasi terhadap implementasi perkembangan pembangunan atas usaha pemerintah kabupaten dan pemerintah kecamatan bersama masyarakat desa dan kelurahan,” ungkap Keniyuda Permana Minggu, 22 Mei 2022.

Ia mengatakan pelaksanaan penilaian perlombaan desa dan kelurahan di laksanakan secara rutin dan berjenjang mulai dari perlombaan desa dan kelurahan di tingkat kecamatan kabupaten, propinsi tingkat rogional dan tingkat nasional setiap tahunnya sebagaimana telah diamanahkan dalam meteri Republik Indonesia nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.

“Tujuan dilakukan penilaian untuk melihat tahapan dan menentukan keberhasilan pembangunan dan perkembangan desa dan kelurahan yang dilaksanakan pemerintah desa dan kelurahan serta  pemerintah kecamatan dalam kurun waktu Januari sampai desember atau dua tahun terakhir berdasarkan data yang ada dan kondisi fisik di lapangan,” terangnya.

Sementara itu, Camat Lambuya, Ulil Amrin mengapresiasi tim penilai lomba. Ia menjelaskan pihaknya melakukan persiapan pasca lebaran hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

“Alhamdulillah dengan kekuatan seluruh masyarakat desa untuk turut berpartisipasi dalam lomba desa ini dapat terlaksana. Mungkin desa Meraka bukanlah desa yang terbaik tetapi kami minta nilai yang terbaik agar desa Meraka dapat juara menuju ketingkat provinsi nantinya,” tandasnya.

Reporter : Redaksi

You cannot copy content of this page