oleh

Tingkatkan Kreativitas Pemuda, Festival Budaya di Poleang Digelar

-BOMBANA, KOLAKA, SULTRA-44 dibaca

Reporter : Rahmat R.

Editor : Def

KENDARI – Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa Pelajar Indonesia (IKAMI) Sulawesi Selatan (Sulsel) Cabang Bombana bersama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) setempat, sukses menggelar Festival seni Budaya di Kecamatan Poleang, yang resmi dibuka pada Sabtu (29/12/2018) kemarin.

Ketua Panitia, Aswal Yobba mengatakan, kegiatan festival yang mengangkat tema “merawat budaya di era millenial bersama IKAMI Sul-Sel” merupakan tema yang sengaja diangkat, dengan harapan agar pemuda hari ini sadar akan tanggungjawabnya untuk turut melestarikan kebudayaan serta nilai-nilai kearifan lokal.

“Kegiatan ini akan digelar tanggal 29-31 Desember 2018, adapun lomba yang dipertandingkan diantaranya lomba karaoke lagu daerah, peragaan busana tradisional, lomba band, dan lainnya. Kegiatan ini sekaligus dalam rangka menyambut malam tahun baru 2019,” ungkapnya, melalui release yang diterima Mediakendari.com, Minggu (30/12/2018).

Steering Commite Festival Budaya, M. Irwan menambahkan, kegiatan ini juga menjadi ajang untuk menguatkan karakter bangsa khususnya pemuda-pemudi masyarakat Bombana, khususnya Kecamatan Poleang.

“Festival seni budaya ini juga dapat menjadi wadah untuk menumbuh kembangkan identitas warga agar terciptanya kepercayaan diri bangsa dan sifat saling menghargai untuk menguatkan persatuan-kesatuan bangsa. Olehnya itu kami tidak hanya menampilkan kesenian asal Sulsel semata. Namun juga menampilkan kesenian berupa Tari Lumense dan fashion show pakaian adat dari etnis Moronene dan etnis Bajo,” jelasnya.

Sementara itu Ketua IKAMI Sulsel Cabang Bombana, Ibnu Hasyim menyampaikan, kegiatan ini sengaja dilaksanakan dipenghujung tahun dengan tujuan untuk mengubah kebiasaan pawai kendaraan keliling, yang dikhawatirkan bisa menimbulkan konflik maupun kecelakaan lalu lintas menjelang pergantian tahun.

“Festival Seni dan Budaya ini digelar untuk menjaga eksistensi, pelestarian, membangun kreativitas khususnya generasi muda serta mempromosikan kesenian dan kebudayaan setiap suku adat sebagai potensi wisata dalam membangun sektor kebudayaan dan pariwisata di Kabupaten Bombana, khususnya Kecamatan Poleang ini,” tutupnya. (B)


Terkini