oleh

Tingkatkan Minat Belajar Siswa, Disdikbud Bombana Bikin Aplikasi Untuk Kreasikan Bahan Ajar Guru

Reporter : Hasrun

RUMBIA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bombana berencana membuat aplikasi untuk membantu guru mengkreasikan bahan ajar, agar siswa tidak bosan saat belajar daring.

Kadis Disdikbud Bombana Andi Muhammad Arsyad melalui Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan, Jusman Usman menyebut, aplikasi tersebut nantinya bisa digunakan di ponsel android dan komputer.

Menurutnya, aplikasi tersebut untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran bagi siswa pendidikan anak usia dini, sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

“Dengan aplikasi ini guru dapat memvariasi materi pembelajaran yang menarik, misalnya membuat materi matematika dalam bentuk game edukasi melalaui Smart App Creator, atau membuat kuis yang diberi gambar,” jelasnya.

Jusman Usman menuturkan, dengan menggunakan aplikasi yang bakal dibuat tersebut, maka nantinya siswa tidak mudah merasa jenuh dan bosan saat proses pembelajaran daring berlangsung.

“Biasanya guru mengajar hanya menggunakan WhatsApp, guru membuat soal dan foto. Lalu siswa menjawab dengan mengirim jawaban dalam bentuk foto di WhatsApp,” ungkapnya.

Untuk membuat aplikasi tersebut, kata Jusman, Disdikbud Bombana telah mengadakan workshop via zoom meating, pada Senin 14 hingga 16 Desember 2020 yang diikuti 231 guru se- Bombana.

“Kami juga telah menggelar workshop pembutan video dan pembuatan google classroom yang digunakan saat proses pembelajaran pada masa pandemi, ini sudah workshop yang ke empat, saat proses belajar daring,” pungkasnya. /B

Terkini