NEWS

Tinjau Pos PAM Ketupat dan Arus Mudik, Bupati Surunuddin Minta Perusahaan ASDP Jual Tiket Secara Online

928
×

Tinjau Pos PAM Ketupat dan Arus Mudik, Bupati Surunuddin Minta Perusahaan ASDP Jual Tiket Secara Online

Sebarkan artikel ini

KONAWE SELATAN – Bupati Konawe Selatan (Konsel) H Surunuddin Dangga meminta Perusahaan Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (ASDP) agar penjualan tiket kapal di konsel dilakukan secara online. Hal itu guna menghindari praktik percaloan serta mempermudah masyarakat untuk mendapatkan tiket saat mudik.

Permintaan itu disampaikan, Orang nomor satu di konsel itu saat meninjauh pos pengamanan dan pelayan

an Kepolisian Terpusat (Ketupat), arus mudik di dua lokasi pelabuhan di konsel yakni Pelabuhan Penyebrangan Torobulu Kecamatan Laeya dan Pelabuhan Amolengu Kecamatan Kolono Timur.

Didampingi Wabup Rasyid,Kadis Perhubungan Konsel Budi Yuliarto, Kadis Kesehatan dr Boni Lambang Pramana, Kadis Perindag Saribana unsur Forkopimda Kapolres Konsel AKBP Wisnu Wibowo, Danpol Airut A. Adnan, Pabung Konsel Letkol Abdullah serta unsur terkait lainnya. Rabu,19 April 2023.

Bupati Surunuddin mengatakan Peninjauan itu dilakukan untuk memastikan kesiapan pos pelayanan dan pengamanan mudik dan balik jelang hari Raya Idul Fitri tahun 2023.

” Pemda Konsel sebenarnya hanya penanggungjawab wilayah, pengelolahnya sebenarnya ini gawean provinsi. Namun sebagai pemerintah setempat tentu kami juga tidak tinggal diam. Kami juga ingin pastikan masyarakat yang melintas di wilayah konsel tetap aman,” kata Surunuddin saat diwawancarai.

Setelah melihat kondisi dua lokasi penyebrangan arus mudik,mantan Ketua DPRD Konsel ini, meminta agar ASDP 
ikut menerapkan penjualan tiket online, sehingga nantinya para penumpang dapat mudah mengaksesnya. Disamping agar para penumpang tidak menunggu begitu lama dipelabuhan.

” Masyarakat saat ini membutuhkan tiket serta jadwal kapal secara online.
Karena pada saat ingin mudik ke kampung halamannya dapat mengakses secara mudah melalui internet, sekarangkan sudah era digital segala sesuatu diakses melalui internet,” pintahnya.

Sebab lanjut dia, apabila penjualannya masih secara manual, tentunya akan
berdampak kepada para penumpang yang bisa tidak mengetahui apabila tiketnya habis, yang dampaknya tentu membludaknya penumpang di pelabuhan.

” Dengan menggunakan sistem online tentunya akan memberikan kemudahan
terkait dengan jumlah, tersedianya tiket serta jadwal dengan melalui telepon
genggamnya. Selain itu juga dapat mencegah terjadinya calo serta adanya tiket palsu,” saran Surunuddin.

Dikesempatan tersebut, Bupati Surunuddin bersama rombongan melihat langsung kondisi para penumpang diatas kapal. Kepada penumpang, Surunuddin berpesan agar tetap menjaga keselamatan dan kesehatan baik saat mudik maupun balik.

” Kita berharap semua pemudik selamat baik saat mudik maupung balik lagi, serta tetap sabar, saya juga mengucapkan terimakasih kepada unsur forkopimda yang telah bersama-sama mengatur arus mudik,” harapnya.

Sementara itu Kapolres Konsel AKBP Wisni Wibowo menegaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan pengamanan dan pengawasan secara keseluruhan di dua dilokasi penyebrangan. Dengan menyiapkan satu Pos Pengamanan di Kelurahan Punggaluku dan dua pos penyelamatan di masing-masing penyebrangan.

” Pengawasan dan pengamanan akan terus dilakukan agar tidak membuat permasalahan atau terjadinya hal-hal tidak diinginkan. Dengan terus berkoordinasi dengan pihak pengelolah penyebarangan untuk memastikan secara
keseluruhan mulai kesiapan ABK dan kelengkapan keselamatan penumpang,”

Kemudian lanjut Wisnu,untuk mempermudah informasi bagi masyarakat yang akan melakukan mudik, pihak polres konsel menyampaikan informasi perkembangan situasi terkini secara Live di dua stasiun saluran Televisi yakni di TVRI dan Tribun TV.

” Hal itu mempermudah masyarakat mendapatkan informasi dalam melakukan persiapan mudik,” terangnya.

Penulis:Erlin.

You cannot copy content of this page