oleh

Towea Wilayah yang Tersentuh Misi Kemanusiaan Program Garbarata Gubernur Sultra

-NEWS-237 dibaca

MUNA – Yayasan AMCF Kapal Kemanusiaan Sulawesi Tenggara (Sultra) bekerja sama dengan Gubernur Sultra, Ali Mazi menjalankan misi kemanusiaan di lima desa wilayah Kecamatan Towea Kabupaten Muna sejak 27 Maret-9 April 2022 mendatang.

Selama 14 hari kedepan misi kemanusiaan itu diisi dengan pembagian 335 sembako, 3 unit kursi roda, 150 toiletries untuk anak anak, serta pembangunan 1 unit toilet umum, dan 3 tempat wudhu, termasuk pembagian masker, ayat suci al-quran, dan buku keagamaan lainnya.

Bantuan itu kemudian disalurkan sesuai apa yang menjadi kebutuhan setiap desa setelah sebelumnya dilakukan survei pada bulan lalu, adapun lima desa itu meliputi desa lakarama, wangkolabu, maosi, renda dan desa bontu bontu.

Baca Juga : Baru Sehari Melarikan Diri ke Muna, Pelaku Penganiayaan Keji Terhadap Istri di Konut Diringkus

Kordinator Lapangan Yoga Adi Putra menerangkan, misi kemanusiaan dilandasi sebagai dukungan terhadap program gerakan dan akselarasi pembangunan daratan dan lautan (Garbarata) yang merupakan salah satu visi misi gubernur, Ali Mazi dalam penanggulangan bencana dan penanganan kemanuasiaan.

“Apalagi ditengah pandemi covid yang masih melanda, dimana pemerintah terus berupaya dengan berbagai cara membantu kebutuhan masyarakat salah satunya dengan misi kemanusiaan yang dilakukan AMCF kapal kemanusiaan,” jelas Yogi pada MediaKendari.Com, Rabu 30 Maret 2022.

Ia mengatakan AMCF kapal kemanusiaan adalah yayasan sosial yang dibentuk dengan tujuan utama membantu daerah rawan bencana namun karena di Sultra minim bencana sehingga dialihkan pada tugas kedua yakni bantuan sosial kewilayah terpencil.

Baca Juga : Rakortekrenbang dan Musrenbang Tingkat Sultra di Baubau, Moniase Sebut Ini Awal Yang Baik Genjot Pertumbuhan Ekonomi

“Dimana bantuan sosial ini difokuskan pada wilayah yang tidak memiliki akses darat atau susah terjangkau oleh pemerintah dan kecamatan towea salah satu wilayah yang tepat dalam menyalurkan misi kemanusiaan ini sebagai bentuk dukungan program Garbarata,” ungkapnya.

Tak lupa Yogi menyampaikan agar kegiatan serupa dapat terus dikembangkan serta dapat dijadikan contoh bagi lambaga/yayasan lainnya yang muncul secara langsung membantu pemerintah meringankan beban masyarakat.

“Selain itu juga lebih mempererat tali silaturahim dalam ukhuwah islamiayah yang kebetulan kita umat muslim memasuki bulan suci ramadhan, untuk itu pemerintah mengapresiasi dan mengucapkan Jazakumul khairan khatsiran kepada AMFC kapal kemanusiaan,” tutupnya.

Penulis : Arto Rasyid

Terkini