oleh

Tujuh Daerah di Sultra Telah Terapkan Transaksi Non Tunai

-FEATURED, Kendari-61 dibaca

KENDARI – Perintah Pemerintah Pusat untuk penerapan transaksi non tunai secara serentak mulai di Sultra.

Meskipun belum semua kabupaten dan kota di Sultra menerapkan non tunai itu, namun sudah ada tujuh daerah yang telah menerapkan yakni Kabupaten Buton, Kolaka, Konawe Selatan, Buton Tengah, Muna Barat, Kota Kendari dan Kota Baubau.

Hal ini diungkapkan langsung oleh  Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Drs Syarifuddin dalam acara sosialisasi Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) di Plaza Inn Kendari, Jumat (13/4/2018) .

“Transaksi non tunai sudah jadi tuntutan bagi pemerintah daerah untuk melaksanakannya sejak tahun ini. Meskipun tidak bisa dipungkiri masih ada beberapa daerah yang belum bisa melaksanakannya, dengan alasan belum siap,” beber Syarifuddin dalam sambutannya.

BACA JUGA: Terapkan Penggunaan Transaksi Non Tunai, BI Gandeng Empat Perbankan

“Ini menjadi perhatian kita semua dalam rangka memperbaiki tata kelola keuangan daerah,” tambahnya.

Ia menguraikan, saat ini secara nasional dari 451 kabupaten kota presentase daerah yang telah menerapkan gerakan nasional non tunai baru mencapai sekitar 91 persen.

Artinya, masih ada sekitar 9 persen yang belum menerapkan gerakan non tunai nasional tersebut.

Sementara itu, Pj Sekda Sultra, Hj Isma yang juga kepala BPKAD Sultra mengakui dari 17 kabupaten/kota di Sultra baru ada tujuh yang menerapkan GNNT atau masih ada 10 daerah yang belum siap menerapkan gerakan tersebut.

“Harapan kami dari Pemprov Sultra , para kepala daerah memang harus memiliki komitmen dalam mengambil kebijakan gerakan ini,” katanya.

“Apalagi, penerapan transaksi non tunai menjadi komitmen bersama dalam pengelolaan keuangan yang transparan, efektif, dan efisien dalam rangka pencegahan korupsi,” jelas Isma.

Tentunya, sebagai pemprov yang juga perwakilan pemerintah pusat mendorong dan membantu memfasilitasi pemerintah kabupaten maupun kota dalam penerapan GNTT di tahun depan.

“Sehingga pengelolaan keuangan daerah sudah tidak lagi menggunakan konsep tunai,” tambahnya.

Diketahui kabupaten yang belum menerapkan transaksi non tunai yakni Konawe, Konawe Utara, Kolaka Utara, Kolaka Timur, Bombana, Konawe Kepulauan, Muna, Buton Utara, Buton Selatan dan Wakatobi.

Dalam acara tersebut dihadiri semua jajaran bendahara keuangan masing-masing SKPD lingkup Pemprov Sultra.


Reporter: Rahmat R
Editor: Kardin

Terkini