oleh

Upacara Hari Sumpah Pemuda, Bupati Konsel Sebut Ini Tiga Ciri Pemuda Maju

Reporter: Erlin
Editor: Kang Upi

ANDOOLO – Bupati Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga pimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91, di Halaman Rumah Jabatan (Rujab), Senin (28/10/2019).

Membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali dalam upacara tersebut, Surunuddin memaparkan ciri pemuda maju sebagaimana tertuang dalam program Revolusi Mental yang digagas Presiden RI, Joko Widodo.

“Ciri pemuda yang maju adalah pemuda berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing,” papar Surunuddin, dalam upacara yang dihadiri unsur Muspida dan jajaran SKPD lingkup Pemda Konsel.

Surunuddin menuturkan, generasi saat ini berutang budi pada para tokoh pemuda pendeklarasi Sumpah Pemuda tahun 1928, yang menjadi pelopor kesadaran kebangsaan, menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

“Semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa, dan jasa para pahlawan kita,” tambahnya.

Ia juga berharap, peringatan ini bisa menjadi sarana untuk membangun kembali komitmen kebangsaan, dengan cara meneladani para pahlawan untuk membangun bangsa, untuk satukan Indonesia.

BACA JUGA:

Menurutnya, peringatan Sumpah Pemuda yang mengusung tema ‘Bersatu Kita Maju’, diharapkan bisa menegaskan kembali komitmen yang telah diikrarkan tahun 1928, untuk mewujudkan cita-cita bangsa dengan menjaga persatuan.

“Pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan dan kepeloporan,” ujarnya. (B)

Terkini