UPBU Betoambari Usulkan Perbaikan Runway Bandara yang Mulai Rusak

NEWS662 dibaca

BAUBAU, MEDIAKENDARI.COM – Lapisan landasan Pacu (Runway) Bandara Betoambari Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai rusak.

Hal itu membuat Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Betoambari Baubau mengusulkan perbaikan pekerjaan pelapisan runway bandara tersebut ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Permukaan runway kita, materialnya sudah pada lepas-lepas. Jadi urgen sekali pelapisan itu. Sangat-sangat urgen,” ungkap Kepala kantor UPBU Bandara Betoambari, Tarman, Senin 09 Januari 2023.

Baca Juga : 5 Pekerja Kabel Telkom di Konawe Tersengat Listrik, 2 Meninggal Dunia

Menurutnya, usulan tersebut sangat penting direalisasi karena material permukaan runway Bandara dengan panjang 1.800 meter dan lebar 30 meter itu sudah mulai rusak.

“Kita telah mengajukan permintaan anggaran sebesar Rp 35 miliar untuk membenahi runway. Tapi informasinya kemungkinan yang disetujui hanya Rp 19 miliar karena anggaran terbatas,” katanya.

Meski begitu, Tarman mengaku pihaknya akan tetap memaksimalkan anggaran yang disetujui. Hanya saja, dengan anggaran itu pihaknya cuma melapisi 23 meter saja di titik tempat roda pesawat berpijak pada bagian lebar runway. Sementara, untuk bagian panjang runway akan dilapisi keseluruhannya 1.800 meter.

Penulis : Ardilan

Facebook : Mediakendari