NEWS

Wali Kota Kendari : Konsen Utama Pemadam Adalah Sisi Pencegahan 

245
×

Wali Kota Kendari : Konsen Utama Pemadam Adalah Sisi Pencegahan 

Sebarkan artikel ini
Tampak Wali Kota Kendari saat mengukuhkan Balkara

KENDARI – Wali Kota Kendari, H Sulkarnain Kadir esmi mengukuhkan 65 orang Barisan Relawan Kebakaran (Balkara) yang tersebar di 11 kecamatan se-Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) Rabu, 16 Maret 2022 di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kendari.

Sulkarnain mengatakan bahwa konsen utama pemadam kebakaran adalah  sisi pencegahannya.

“Jika sudah terjadi kebakaran, kerugianlah yang akan dirasakan. Untuk itu, diharapkan Balakara maupun petugas Damkar Kota Kendari juga bisa mengajak masyarakat untuk terlibat menjadi relawan,” ujarnya.

Sulkarnain juga mengingatkan masyarakat Untuk seminimal mungkin menghindari terjadinya kebakaran, termasuk melakukan rescue jika terjadi kebakaran.

“Kebanyakan kebakaran itu sebabnya sepele, karena puntung rokok, lupa matikan kompor,” katanya.

Baca Juga : Sulkarnain Harapkan Anak-Anak JSIT Lanjutkan Estafet Kepemimpinan

Menurutnya, sangat penting untuk memberikan edukasi kepada masyarakat di wilayah tugas masing-masing, untuk melakukan tindakan pengamanan sebelum petugas tiba di lokasi.

“saya berharap ke depannya Balakar harus terus dikembangkan, sehingga meminimalisir potensi terjadinya kebakaran. Kemudian para petugas pemadam kebakaran, termasuk Balakar dapat terus meningkatkan wawasan,” pungkasnya.

Sedangkan kadis kebakaran kota Kendari Junaidi Umar mengatakan bahwa tujuan pembentukan Balakara adalah memberikan informasi kepada Dinas Kebakaran apabila terjadi kebakaran di wilayah Kota Kendari.

“Membantu petugas kebakaran dalam melaksanakan tugas-tugas pemadaman kebakaran di wilayah kita, jumlah dari anggota Balakara ini berjumlah 65 orang yang tersebar di seluruh kelurahan se-Kota Kendari,” pungkasnya.

Dalam pengukuhan ini turut hadir, Asisten 1, Asisten 3, kepala OPD lingkup Pemkot Kendari dan Forkompinda.

Penulis : Dila Aidzin

You cannot copy content of this page