Warga Wakatobi Diminta Jangan Kemana-mana

NEWS494 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) atau Basarnas Kota Kendari memprediksi Perairan Kabupaten Wakatobi masuk menjadi salah satu wilayah yang terancam akan adanya gelombang tinggi, Selasa (27/12/2022).

Prediksi waktu itu diperkirakan mulai di bulan Desember sampai Januari 2023 mendatang. Untuk itu, Basarnas Kendari mengimbau agar warga Wakatobi diminta agar tidak kemana-mana ketika hal itu tidak terlalu penting yang dalam hal ini menggunakan transportasi laut baik menggunakan perahu maupun kapal besar.

“Bahwa di perairan Baubau bagian Utara bagian Selatan, kemudian di Laut Banda timurnya Sulawesi Tenggara, kemudian perairan Wakatobi bagian Utara maupun Selatan itu harus diwaspadai dengan gelombang tinggi tersebut,” ujar Kepala Basarnas Kendari, Aris Sofingi.

Menurutnya, apabila aktivitas tersebut menjadi hal yang urjen dan harus dilakukan maka dirinya menyarankan agar membekali dengan peralatan keselamatan seperti melengkapi alat navigasi, komunikasi serta pelampung sehingga dengan itu dapat membantu ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kata Arif, gelombang tinggi yang diprediksi itu nantinya akan lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya. Olehnya Basarnas Kendari menghimbau kepada seluruh masyarakat Sulawesi Tengah (Sultra) untuk memperhatikan himbauan BMKG terkait cuaca.

“Kami sampai-sampai untuk tetap memperhatikan terhadap himbauan atau peringatan dini yang dikeluarkan oleh BMKG terkait dengan cuaca maupun anomalinya serta memperhatikan peringatan dini adanya kemungkinan gelombang tinggi yang ada di perairan Sulawesi Tenggara,” katanya.

Reporter : Muhammad Ismail