Ini Amanat Presiden yang Disampaikan Kapolda Sultra, Saat Upacara Hari Bhayangkara

KENDARI – Memperingati Hari Bhayangkara ke-72 Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar upacara bertempat di Lapangan Apel Mapolda Sultra, pada Rabu (11/07/2018) Kapolda Brigjen Pol Iriyanto, bertindak sebagai Inspektur upacara.

Kapolda mengatakan, seharusnya upacara ini digelar setiap 1 Juli, namun beberapa personil Kepolisian masih bertugas untuk menjalankan penugasan BKO Pam TPS Pilkada serentak 2018 di Sultra sehingga dilakukan penundaan.

Dalam amanat Hari Bhayangkara, Brigjen Iriyanto dalam sambutannya membacakan amanat dari Presiden RI Ir. H. Joko Widodo. Dalam amanat tersebut presiden Jokowi mengungkapkan rasa apresiasinya terhadap semua personil Kepolisian dimanapun tempat tugas.

banner travel

“Untuk seluruh personil Polri yang bertugas di daerah terpencil, di pedesaan yang bertugas dijalan raya, personil yang selalu menjaga Kamtibmas  saat bulan ramadhan serta yang terlibat  dalam pengamanan 171 daerah yang menjalankan Pilkada saya memberikan apresiasi, karena ini adalah wujud pengabdiannya kepada rakyat, bangsa, dan negara,” ucap Iriyanto.

Presiden menekankan kepada Polri jangan berpuas diri, kedepan tugas sebagai anggota Polri semakin berat dan kompleks.

“Karena di era digital ini, Polri harus melakukan langkah antisipasi terhadap kejahatan transnasional terutama seperti cybercrime maupun human trafficking,” tegasnya.

Selain itu juga kata Jokowi Polri harus tingkatkan kewaspadaan dan kemampuan terhadap kejahatan terorisme.

“Presiden sangat mengecam tindakan pengecut dari bom bunuh diri oleh kelompok teroris yang menjadikan masyarakat dan anggota Polri sebagai sasaran,” tambahnya.

Jokowi  juga menekankan kepada semua personil Polri yakni mantapkan soliditas internal Polri, lakukan perbaikan terutama penegakan hukum, menekan budaya koruptif dan kedepankan langkah proaktif dan tindakan humanis serta sinergitas kepada TNI dan masyarakat.

“Polri harus lakukan pemetaan terhadap kejahatan, Polri jaga peran dalam menjaga kerukunan dan kebudayaan. Tetap jaga soliditas dan profesional maka polri akan menjadi institusi yang dipercaya masyarakat,” kata Presiden Jokowi yang dibacakan Kapolda Sultra.

Untuk diketahui upacara turut diikuti oleh jajaran pejabat utama Polda Sultra, Pj Gubenur Sultra Teguh Setyabudi, Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Saleh, Danrem 143 Halu Oleo, Danlanud HLO, Danlanal Kendari serta jajaran Forkopimda lainnya beserta ratusan personil Polda Sultra.


Reporter : Ruslan
Editor : Hendriansyah
error: Content is protected !!