Pemda Kolut Serahkan Dua Lokasi Pariwisata Andalan ke BUMDes

99
Sekdis

LASUSUA – Dua sektor pariwisata andalan Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) yakni Pariwisata Danau Biru di Desa Walasiho Kecamatan Wawo dan Pariwisata Pantai Berova Pasir Putih Kecamatan Lasusua, di serahkan kepada  Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk di kelola.

Kepala Dinas Pariwisita Kolut,  melalui  Sekretarisnya Rahmadi SP mengatakan,  pihak pemerintah daerah dalam hal Dinas Priwisata merasa tidak keberatan, bahkan merasa lebih bagus untuk memperdayakan masyarakat melalui BUMDes untuk mengelola tempat wisata.

“Kalau kita sendiri yang kelola pariwisata itu,  kemungkinan terkendala pada tenaga, karena di dinas ini sangat minim,  siapa mau jaga di tempat pariwisata, dan siapa mau tinggal di kantor, penyerahan sektor pariwisata ungulan Kolut melalui musyawarah antara Pemda dan Pemerintah Desa, supaya pengelolaan di lakukan oleh Bumdes, sekaligus memberdayakan masyarakat setempat, kita tinggal tunggu saja setoran PAD dari Bumdes tersebut,”  ungkap Rahmadi kepada Mediakendari.com, Jum’at (3/8/2018).

Selain penyerahan pariwisata kata Rahmadi, pihaknya juga menyerahkan sejumlah aset Pemda untuk di kelola oleh Bumdes, mulai dari kartis, kebersihan, dan  keamanan, sementara pihaknya hanya memantau untuk mengetahui pengunjung.

“Secara formalnya kita hanya mengambil data pengujung dalam satu bulan, berapa yang mengunjungi dua pariwisata itu, kami tidak bisa serahkan  begitu, baru di lepaskan begitu saja, karena kami tidak tau berapa pengunjung dalam perbulanya,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Desa Walasiho, Teli menyampaikan terimakasih kepada pemerintah,  dalam hal penyerahan pariwisata ungulan Danau Biru kepada  Pemerintah Desa untuk di kelola oleh BUMDes, tujuannya untuk memberdayakan masyarakat, khususnya di Desa Walasiho.

“Kita akan kelola pariwisata Danau Biru ini dengan baik, baik itu tingkat kebersihan maupun tingkat keamananya, supaya pengunjung nyaman untuk datang, semakin banyak pengunjung datang semakin banyak pendapatan  PAD,   kita perdayakan masyarakat di desa ini melalui Bumdes,” ungkapnya.

Karena itu, Teli optimis dalam pengelolaan sektor pariwisata Danau Biru nantinya akan lebih maju, baik itu peningkatan fasilitas, maupun peningkatan dalam promosi ketingkat  jasional.

“Tujuan Pemda memberikan Danau Biru ini di kelola Bumdes, selain untuk pemberdayaan masyarakat juga untuk di jadikan sadar wisata, artinya bagaimana kita menjemput tamu yang berwisata, bagaimana tamu dijaga keamananya, supaya tamu menceritakan di luar sana tentang danau biru, tentang keamanan dan kebersihanya,” tutupnya


Reporter : Bahar

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.