2023, Pemkot Kendari Siapkan Tiga Petugas Kebersihan Tiap Kelurahan

NEWS409 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari rencananya ditahun 2023 akan menyiapkan tiga petugas kebersihan lingkungan yang ditempatkan di tiap kelurahan.

Penjabat Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu saat diwawancarai pada Selasa, (20/12/22) mengungkapkan tiga orang petugas kebersihan yang dibayar menggunakan APBD itu untuk membantu pemerintah kota dalam menangani permasalahan sampah di wilayahnya.

Baca Juga : Kesbangpol Sultra Sudah Siapkan Anggaran Pemilu 2024

“Jadi kalau selama ini berpusat di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, maka 2023 kita pindahkan itu. Di dinas tetap ada tapi kita prioritaskan di kelurahan,” katanya.

Menurutnya, dengan adanya partisipasi dari masyarakat kelurahan, maka penanganan kebersihan akan lebih optimal.

“Jadi ini 3 petugas kebersihan akan direkrut dari warga kelurahan itu sendiri. Jadi leadnya ada ditiga orang tadi, bisa menjemput menggunakan kendaraan yang sudah ada. Dengan begitu penanganan persampahan akan lebih efektif,” katanya.

Baca Juga : Pj Wali Kota Kendari : Lokasi Rawan Banjir Tidak Bisa Dituntaskan Sekaligus

Sementara itu, Kepala Bidang Persampahan DLHK Kota Kendari, Adi Jaya Purnama menambahkan pihaknya telah melakukan pembongkaran dibeberapa TPS yang ada di Kota Kendari.

“Sebelum membongkar pihaknya akan berkoordinasi dengan kelurahan setempat untuk melakukan sosialisasi dengan masyarakat. Jadi sebelum dibongkar kita siapkan penggantinya dengan memasukkan kontainer sampah didalam sebagai tempat sampah,” tutupnya.

Reporter : Dila Aidzin

Facebook : Mediakendari