oleh

300 Lampu Jalan di Kota Kendari di Ganti Menjadi Lampu Jenis LED

-NEWS-681 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM- Lampu jalan jenis mercury yang ada di sepanjang jalan Abdullah Silondae, wilayah Kecamatan Puuwatu dan Anduonohu, Kota Kendari digantikan menjadi lampu jalan jenis LED.

Pergantian tersebut dilakukan langsung oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kendari dengan mengganti sebanyak 300 lampu jalan.

Kepala Dishub Kota Kendari, Laode Abdul Manas Salihin mengatakan, pergantian lampu jalan ini diprioritaskan pada jalur yang situasi lalulintasnya padat, atau yang menjadi jalur utama lalulintas kendaraan

“Kita utamakan pemasangan lampu di daerah yang padat dilalui kendaraan, atau jalur utama lalu lintas kendaraan. Memang pergantian lampu itu bagian dari kegiatan kami,” ujarnya pada Kamis, (06/10/22).

Baca Juga : Festival Mancing Siap Dihelat Untuk Peringati HUT Kota Baubau ke-21 Tahun

Menurutnya, lampu LED jauh lebih terang dan hemat energi jika dibandingkan dengan lampu jenis mercury. Selain itu intensitas cahaya yang dimiliki oleh lampu LED juga jauh lebih baik.

“Ini sudah sementara kami laksanakan pemasangannya dan sekarang sudah masuk tahap penyelesaian,” katanya.

Ia menjelang, lampu mercury yang selama ini dilihat dan dipasang di jalan, dayanya bisa sampai 250 Watt. Sementara pada lampu LED hanya memilki daya 120 watt.

Baca Juga : Per Oktober Harga Emas Mengalami Penurunan, Ini Rinciannya dari 1 Gram Hingga 1 Kg

“Pergantian lampu ini mulai dilakukan sejak tahun lalu, dan direncanakan akan dilakukan secara intens hingga tahun 2023 mendatang,” bebernya.

Dia juga menambahkan pihaknya akan melakukan penggantian lampu ini di seluruh wilayah Kota Kendari secara bertahap karena keterbatasan anggaran yang dimiliki.

“Karena keterbatasan anggaran jadi kita lakukan secara bertahap tidak serta-merta langsung sekali jalan,” tutupnya.

 

Reporter: Dila Aidzin