oleh

42 Anggota TAGANA se-Sultra Ikuti Kegiatan Managemen Shelter

-NEWS-249 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Dinas Sosial Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar kegiatan pelatihan manajemen shelter se-Sultra untuk Taruna Siaga Bencana (TAGANA).

Harsanto Nafsal, Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Dinas Sosial Sultra mengungkapkan, kegiatan ini berlangsung pada salah satu hotel di Kendari sejak Selasa, 06 September 2022 hingga Jum’at, 09 September 2022.

Kata dia, kegiatan ini tidak hanya di hotel tetapi praktek dilaksanakan di kantor Dinas Sosial Sultra.

“Kegiatan ini adalah pelatihan manajemen shelter. Peserta dari 17 kabupaten/kota per dua orang dan Sultra 8 orang jadi totalnya 42 orang,” ungkapnya saat ditemui di kantor Dinas Sosial, Kamis (08/09/22).

Baca Juga : Tak Kunjung Ada Perbaikan, Jalan Abari Konsel Rawan Lakalantas

Kata dia, peserta adalah anggota TAGANA yang belum pernah mengikuti kegiatan pelatihan shelter. Ia menyebut, untuk pemateri ada dari BPBD, Polri dan TNI.

“Setiap ada bencana akan bertemu dengan instansi ini, sehingga koordinasi sangat penting, mereke juga berpengalaman. Dan kami sangat bangga atas kontribusi mereka, dalam membangun mental dan memberikan bantuan khusus materi kegiatan ini,” jelasnya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini untuk meningkatkan skill pada anggota TAGANA yang masih butuh banyak belajar.

“Kegiatan ini akan meningkatkan keterampilan mereka. Karena TAGANA inikan ada tingkatannya, nantinya kegiatan ini akan bermanfaat dalam kesiagaan semua bencana,” tukas dia.

Reporter : Rahmat R