NEWS

Baznas Konsel Diminta Turut Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

501
×

Baznas Konsel Diminta Turut Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Sebarkan artikel ini

KONSEL, MEDIAKENDARI.COM – Bupati Konawe Selatan H Surunuddin Dangga meminta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) turut mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan menaggulangi kemiskinan.

Hal itu disampaikan bupati dua periode ini usai melantik pimpinan Baznas Konsel periode 2023-2028, Abdul Hafid, di Auditorium Kantor Bupati Konsel, Senin, 27 Maret 2023.

Bupati Surunuddin menyebut, Baznas merupakan lembaga pemerintah non structural dan instrument untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan pengelolaan zakat.

Baca Juga : BKKBN Provinsi Sultra, Gelar Kampanyekan Percepatan Penurunan Stunting

“Olehnya itu saya inginkan Baznas ini mampu meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulangan kemiskinan di negara kita khususnya di Kabupaten Konawe Selatan,” kata Surunuddin.

Mantan ketua DPRD konsel ini menjelaskan, terdapat empat faktor pendukung keberhasilan zakat, pertama regulator, pemerintah telah banyak dan lengkap regulasi yang mengatur terkait zakat, mulai dari undang-undang, peraturan pemerintah hingga peraturan Badan Amil Zakat Nasional.
“Regolator dari Allah sudah jelas dinyatakkan dalam Al Qu’an bahkan kata-kata zakat selalu digandengkan dengan kata shalat. Aqimushalata wa atuzzakah Artinya dirikan shalat, tunaikan zakat. Bahkan diulang hingga 33 kali,” papar Surunuddin.

Factor kedua yaitu motivator, Surunuddin minta pihak terkait, tokoh masyarakat, tokoh agama, alim ulama, MUI, serta organisasi keagamaan Islam untuk dapat memberikan sosialisasi menyadarkan masyarakat akan kewajiban mengeluarkan zakat maupun infaq dan shadaqah.

“Ketiga yaitu factor Kordinator, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pengurus Baznas merupakan koordinator dalam hal pengumpulan dan pendistribusiannya,” ujarnya.

Baca Juga : Puluhan Mobil Hias Ramaikan Pawai Budaya HUT Ke-63 Kabupaten Konawe

“Alhamdulillah dalam beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Saya harapkan kepada para pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemda agar dapat mengeluarkan zakatnya melalui Baznas Konsel termasuk infag dan shadaqahnya,” tambahnya.

Kemudian yang terakhir tambah Surunuddin, yakni faktor fasilitator, dimana Pemda dan Kemenag menjadi tanggungjawabnya untuk menyediakan sarana prasarana untuk menunjang kegiatan operasional baznas di Kabupaten Konsel.

“Selamat kepada para pimpinan baznas yang baru dilantik, semoga selalu sukses dalam memberikan pelayanan zakat yang bermutu kepada masyarakat. Tetaplah bersemangat dan bekerjasama membangun daerah yang kita cintai,” pungkasnya.

Penulis : Erlin

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page