oleh

Begini Cara Pelayanan Samsat di Masa Pandemi

Penulis: Ardilan

BAUBAU – UPTB Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) mencoba menerapkan pelayanan yang dapat meminimalisir penyebaran virus Corona di masa pandemi yang belum kunjung usai ini.

Samsat Baubau membagi dua pelayanan yaitu perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) dengan pengesahan pajak agar para wajib pajak tidak menimbulkan kerumunan yang dapat memicu munculnya klaster baru Covid-19 di daerah itu.

“Pelayanan pengurusan perpanjangan STNK dan TNKB itu dibuka dari pukul 08.00-12.00 Wita. Kemudian jam kedua dilanjutkan untuk pelayanan pengesahan pajak dari pukul 14.00-15.00 Wita,” ungkap Kanit Regident UPTB Samsat Baubau, Ipda Muhammad Arifudin dalam keterangannya ditulis Sabtu, 11 September 2021.

Baca Juga: Bendungan Landongi Hadir dengan Desain Multi Fungsi

Arifudin mengatakan dalam memberikan pelayanan pihaknya terus berupaya mencegah kerumuman. Samsat juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat seperti memakai masker, menyiapkan tempat cuci tangan, menyediakan hand sanitizer dan mengatur wajib pajak agar tidak berkerumun saat hendak membayar pajak.

“Setiap pagi kami sosialisasi kepada wajib pajak agar pakai masker dan jaga jarak di dalam gedung Samsat. Pelayanan masih normal. Tapi pelayanan pajak kendaraan bermotor menurun sekitar 40-50 persen,” terangnya.

Ia menambahkan untuk mengurangi mobilitas pihaknya menyediakan layanan online bagi wajib pajak melalui aplikasi IP Sultra.

“Kami beri kemudahan (Melalui aplikasi) tanpa harus kontak langsung dengan petugas Samsat,” ujarnya.

Terkini