NEWS

BKKBN Sultra Gelar Peningkatan Kapasitas Pengelola Rumah Data-Ku Angkatan ke-3

574
×

BKKBN Sultra Gelar Peningkatan Kapasitas Pengelola Rumah Data-Ku Angkatan ke-3

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali menggelar kegiatan Peningkatan Kapasitas dan Kapabilitas Pengelola Rumah Data Kependudukan (Data-Ku) angkatan ke-3.

Hal ini disampaikan oleh, Koordinator Bidang Kependudukan BKKBN Sultra, Dr H Mustakim di Kendari, Selasa (26/07/22).

“Saat ini telah lahir payung hukum yang memperkuat pengelolaan Kampung KB yaitu Undang-Undang No 3 tahun 2022 tentang Optimalisasi Pengelolaan Kampung Keluarga Berkualitas,” ungkapnya.

Baca Juga : Gelar Event Spectacular Drive And Win, Kalla Toyota Kendari 3 Anduonohu Tawarkan Berbagai Hadiah

Dengan sendirinya kata dia, rumah Data-Ku yang saat ini ada di tiap kampung KB keberadaannya juga telah menjadi kuat.

Mustakim menambahkan, kegiatan yang berlangsung sejak 23 Juli hingga 26 Juli 2022 tersebut diikuti 68 peserta dari 17 kab/kota se-Sulawesi Tenggara.

“Tiap kab/kota masing-masing mengirimkan pesertanya 4 orang yang terdiri dari 2 Pengelola Rumah Data-Ku, 1 Penyuluh KB dan 1 Kepala Bidang/Seksi yang menangani Rumah Data-Ku,” katanya.

Baca Juga : Polresta Kendari akan Pasang ETLE di 16 Tempat

Dalam kegiatan ini pun dihadirkan dua pemateri dari lintas sektor yakni Kepala Dinas Pemerintahan Desa dan Kepala BPS Sultra yang diwakili oleh Kabid Pemdes Saifullah.
Pada kesempatan ini, Saifullah, menekankan, kegiatan di kampung KB, termasuk rumah Data-Ku pada dasarnya meningkatkan kualitas SDM, maka Dana Desa (DD) juga bisa membantu pengelolaan rumah dataku ini.

“Selama ini dana desa alias DD digunakan oleh sebagian besar desa hanya untuk DD alias dekker dan drainase,” katanya.

Pemateri lain, mewakili Kepala BPS Sultra adalah Mulyadi, dengan Judul materi tentang sinergi kegiatan desa cantik dan Rumah Data-Ku di Kampung KB. (RED)

Facebook : Mediakendari.com

You cannot copy content of this page