NEWS

BPOM Kendari Imbau Masyarakat Cerdas Memilih Kosmetik

373
×

BPOM Kendari Imbau Masyarakat Cerdas Memilih Kosmetik

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Kosmetik hari ini menjadi salah satu surga dunia bagi para kaum hawa khususnya. Sebab terlebih perfect dihadapan orang-orang sekarang menjadi hal yang utama. Terlebih bagi kaum muda mudi.

Namun banyak dari masyarakat tidak memperhatikan kosmetik tersebut apakah layak untuk digunakan atau tidak. Sederhanya, mana yang aman dan mana yang tidak aman.

Hal itu tentu dikarenakan, kurangnya pengetahuan remaja tentang kosmetik pemutih. Sehingga, remaja cenderung sembarangan memilih kosmetik tanpa memikirkan akibat kerusakan kulit yang akan timbul.

Baca Juga : Banyak Pesaing! Bertaruh Hidup di Tengah Banyaknya Pangkas Rambut

Tapi sebenarnya ada pula yang sudah mengetahui bahaya ketika menggunakan kosmetik ilegal, namun tetap acuh dan terus menggunakannya. Terlebih bila harga yang ditawarkan sangat murah dan hasilnya sangat luar biasa.

Inilah yang menjadi persoalan saat ini, olehnya itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kendari menghimbau masyarakat pengguna kosmetik untuk lebih pintar dan teliti dalam memilih sebelum membeli dan menggunakan kosmetik.

“Kosmetik ilegal saat ini sangat banyak bahkan berdasarkan data untuk di tahun 2021 itu kosmetik ilegal yang paling banyak ditemukan di pasaran,” ujar, Kepala BPOM Kendari, Yosep Nahak Klau saat ditemui pada salah satu hotel di Kendari usai kegiatan beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Pemkot Kendari Pastikan Semua Jenis Bantuan Tersalurkan Tepat Sasaran

Dampak negatif menggunakan kosmetik ilegalpun tidak main-main bahkan bisa sampai terkenal infeksi mata, alergi, kangker hingga ginjal.

“Efeknya itu macam-macam, tergantung dari bahan apa yang digunakan. Pastinya kosmetik yang tidak memiliki izin itu sangat dianjurkan untuk tidak dipakai atau bila perlu dilaporkan,” ucapnya.

Melihat maraknya terjadi kasus tersebut, Yosep menawarkan tips kepada masyarakat untuk dapat tercegah dari kosmetik ilegal tersebut. Yakni dengan Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, dan Cek Kedaluwarsa (Cek KLIK).

Baca Juga : Kadis Kominfo Sultra Tekankan Kedisiplinan Pegawai Perlu Ditingkatkan

Seba, Cek KLIK merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan masyarakat agar terhindar dari kosmetik berbahaya yang tidak memenuhi syarat.

Dengan Cek KLIK, konsumen mempunyai kendali penuh untuk memperhatikan kosmetik yang beredar di pasaran secara bebas. Khususnya dipenjualan online.

Sehingga upaya pencegahan itu dibutuhkannya juga peran masyarakat, terkhusus para pelaku usaha dan lintas sektor terkait termasuk asosiasi dan lembaga sosial masyarakat agar dapat bersama-sama membasmi kosmetik ilegal yang sedang marah diperjual belikan hari ini.

Reporter : Muhammad Ismail

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page