NEWS

Pemkot Kendari Pastikan Semua Jenis Bantuan Tersalurkan Tepat Sasaran

1006
×

Pemkot Kendari Pastikan Semua Jenis Bantuan Tersalurkan Tepat Sasaran

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Sosial Kota kendari, Abdul Rauf. (Foto : Ismail/MK).

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Dinas sosial (Dinsos) memastikan semua jenis bantuan yang ada dapat tersalurkan tepat sasaran pada masyarakat yang kurang mampu.

Kepala dinas Sosial Kota Kendari, Abdul Rauf mengatakan, Dinsos Kota Kendari memiliki program bantuan diantarannya, Program Keluarga Harapan (PKH) yang sudah berlangsung kurang lebih selama delapan tahun.

“Dalam Program Keluarga Harapan juga ini ada banyak macam-macam bantuan lagi yang dikasih, kalau misal dia lagi hamil dari segi kesehatan dalam arti luas dia dikasih bantuan. Kemudian ada juga berupa bantuan bayi, perawatannya, pendidikan, kesejahteraan sosial,” kata dia, Kamis (16/06/22)

Baca Juga : Kadis Kominfo Sultra Tekankan Kedisiplinan Pegawai Perlu Ditingkatkan

Selain itu, ada bantuan Pangan Non Tunai yang dulunya diberikannya berupa sembako seperti, beras dan telur. Namun saat ini telah banyak mengalami perubahan dengan memberikannya berupa uang tunai sebesar 200 ribu perbulan yang diterima selama pertiga bulan sehingga total Rp 600 ribu.

Selain itu, ada bantuan minyak goreng yang telah dilaunching oleh pemerintah kota (Pemkot) beberapa bulan lalu di Cabang Kantor Pos Kendari yang diberikan per Kader Pembangunan Manusia (KPM) sebesar Rp 100 ribu untuk tiap bulannya.

“Kemarin itu kita dapat kurang lebih ada Rp 15 ribu kepala keluarga yang terima bantuan itu,” beber Rauf.

Baca Juga : Dinsos Kota Kendari Soroti Youtubers dengan Konten Sedekah ke Gepeng dan Anjal

Selanjutnya, Program Pemberian Jaminan Kesehatan atau Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan yang diterima oleh masyarakat Kota Kendari sebanyak kurang lebih 80 ribu jiwa.

Lebih lanjut, Rauf menyampaikan, ada bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang diperuntukan bagi anak-anak yang kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan, sehingga dengan itu akan diberikannya beasiswa.

Dan terakhir bantuan berupa Set Top Box gratis terkait peralihan dari Televisi (TV) analog menuju ke TV digital.

Baca Juga : Korupsi di Kolaka Timur Ada di MUNA?

Akan tetapi, jenis bantuan itu semua berasal dari Program Pemerintah Pusat yakni Kementerian Sosial (Kemensos). Sedangkan Dinsos Kota Kendari bersama pemkot yakni Wali Kota Kendari hanya sekedar memfasilitasi dan mengawasi penyaluran itu agar tepat pada sasaran.

Dari beberapa jenis bantuan itu, Rauf membeberkan ada kurang lebih sebesar Rp 1,5 Miliar yang diperuntukan pada tahun 2021 lalu

“Sedangkan untuk secara keseluruhan jumlah masyarakat di Kota Kendari sekitar 400 ribu orang dan masyarakat yang kurang mampu ada sekitar 30 sampai 40 ribu orang,” pungkasnya.

Reporter : Muhammad Ismail

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page