Buat Program Pelayanan Kesehatan Gratis, Pemkab Konawe Anggarkan Rp 500 Juta

NEWS129 dibaca

KONAWE, MEDIAKENDARI.COM – Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat kurang mampu, melalui program pelayanan kesehatan gratis di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit (RS) Kabupaten Konawe.

Di mana tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, menganggarkan program kolaborasi dengan RS Konawe senilai Rp 500 juta. Dana tersebut nantinya akan dikelola oleh pihak RS, yang nantinya akan memberikan pelayanan kesehatan atau berobat gratis kepada masyarakat yang kurang mampu.

Baca Juga : Disdukcapil Konawe Layani Pergantian Foto e-KTP, Ini Syaratnya

Anggota DPRD Konawe, Haryadi mengatakan, bawah dirinya pernah punya pengalaman terhadap program tersebut. Saat itu ada warga di Anggotoa yang meminta bantuannya. Warga tersebut memiliki anak bayi lima bulan yang tengah sakit parah. Bahkan bayi itu belum memiliki KIS, dan orang tuanya tergolong tidak mampu.

Syukurnya, kata dia, ada program dari pak bupati mengenai pengobatan gratis bagi keluarga kurang mampu. Sehingga bayi tersebut pun bisa tertolong dan mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Jadi mereka hanya memperhatikan KTP, yang menunjukkan bahwa mereka benar-benar warga Konawe. Karena program ini hanya diperuntukkan bagi masyarakat Konawe saja , tidak untuk yang lain,” ungkapnya.

Baca Juga : Tingkatkan Hasil Produksi, Dinas Pertanian Konawe Beri Bantuan Pertanian ke 9 KWT

Lanjut dia, dari pengalamannya, pihaknya pun membawa program tersebut pada rapat pembahasan perubahan anggaran di DPRD Konawe 2022. Dengan mengusulkan agar anggaran tersebut bisa dinaikan hingga Rp 1 miliar untuk tahun ini. Karena serapan anggaran dari dana tersebut telah mencapai Rp 512 juta.

“Kami inginkan bisa dinaikkan sampai satu miliar, karena ini menyangkut persoalan nyawa manusia. Tapi yang disetujui di APBD perubahan hanya Rp 520 juta. Sehingga total keseluruhan di tahun ini, itu mencapai Rp 750 juta. Dengan harapan, program ini bisa betul-betul dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Jangan lagi takut masalah biaya, selama mereka memiliki KIS jangan ragu datang berobat di RS Konawe,” pungkasnya.

Penulis : Muhammad Ilwanto

Facebook : Mediakendari