MUNA BARAT

Cegah Covid-19, Puskesmas Guali Bagikan Masker Untuk Lansia

316
×

Cegah Covid-19, Puskesmas Guali Bagikan Masker Untuk Lansia

Sebarkan artikel ini
Sekretaris Kapus Guali, Patriani Daerah Hidayat, SKM, M. Kes saat membagikan masker kain kepada warga di pasar Guali, Rabu, 15 April 2020.(foto/Jul Awal/mediakendari.com).

Reporter: Jul Awal

LAWORO – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Guali, Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat (Mubar) membagikan ratusan masker secara gratis kepada para lansia di Pasar Guali.

Pembagian masker dilaksanakan bersama Camat Kusambi, Ali Mochtar Jaya di sejumlah titik di Pasar Guali, Rabu, 15 April 2020, untuk mencegah dan memutus penyebaran covid-19.

Sekretaris Puskesmas Guali, Patriani Daerah menjelaskan, pihaknya berinisiatif membagikan masker kain kepada masyarakat yang dibeli dari dana sumbangan para tenaga medis Puskesmas Guali.

“Ini inisiatif kami membuat masker kain dengan dana dari sumbangan semua tenaga medis Puskesmas Guali untuk saling membantu sesama manusia,” kata Patriani ditemui usai membagikan masker di Pasar Guali.

Patriani menuturkan, masker menjadi salah satu alat pelindung diri (APD) yang dibutuhkan masyarakat ditengah situasi pandemi covid-19 saat ini. Sehingga pihaknya, berinisiatif membagikan secara gratis.

“Masker saat ini langka dan itu adalah hal utama yang dipakai saat bepergian. Untuk kali ini kita bagikan khusus lansia karena mereka rentan terhadap paparan covid-19 apalagi yang punya riwayat penyakit menahun,” ujarnya.

Ia mengaku masih akan membagikan lagi masker untuk masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Guali seperti di Desa Guali, Desa Kusambi, Desa Kasakamu, Desa Lemoambo, dan Desa Lakawoghe.

“Nanti kita akan konsultasi dulu dengan Pak Camat dan Kapolsek di mana tempat gimana prosesnya nanti,” tutur Patriani.

Selain covid-19, kata Patriani, pihaknya juga menggalakan pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). “Untuk DBD tim kami sudah melakukan semprotan/fogging di beberapa tempat di wilayah kerja kami,” tegasnya.

Ia juga mengimbau masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Guali agar selalu menggunakan masker di manapun dan kapan pun untuk mencegah penyebaran covid-19. “Harus juga rajin mencuci tangan, senantiasa di rumah, jaga jarak, dan hindari kerumunan,” tutupnya.

You cannot copy content of this page